Keselamatan selalu ada di luar Gereja! (1)


Pengantar

Suatu ketika, saya membaca tulisan dengan judul ‘Adakah Keselamatan di Luar Gereja?’ dari seorang yang bernama Eddy TG yang menekankan alasan-alasan mengapa sebaikya pindah keyakinan menjadi Kristen. Target pasar tulisan itu terutama ditujukan pada para penganut non Abrahamik. Kemudian terjadilah tanya-jawab dengannya. Mengingat pentingnya pesan yang terkandung dalam tanya-jawab tersebut, maka itu saya daur ulang dengan sistematika sbb:

SELAMAT MEMBACA!

[Kembali]


Tips untuk Menghadapi Penginjil yang gigih

Sekitar enam bulan yang lalu terdapat ketukan di pintu dan sewaktu di buka saya menemukan dua orang penyebar injil disana. Saya mengetahui bahwa mereka adalah penyebar Injil dari senyuman bersahabat yang dibuat-buat diwajah mereka, yang dimiliki oleh setiap penginjil sewaktu mereka mencoba untuk mengkristenkan seseorang.

Ini adalah yang ketiga kalinya dalam sebulan para penyebar injil ini mengetuk pintu saya dan menganggu saya jadi saya memutuskan untuk memberikan mereka pelajaran.

Mereka menyapa, “Selamat Pagi”
Saya menjawabnya, “Selamat Pagi”

Melihat saya menjawab dengan ramah, mereka kemudian bagaikan mendapat angin dan bertanya, “Apakah kamu pernah mendengar tentang Tuhan Yesus Kristus?”

Saya berkata, “Saya mengetahui sedikit tentang dia tetapi saya adalah seorang Buddhis. Saya tidak tertarik untuk mengetahui lebih banyak”

Tetapi seperti para pengijil lainnya mereka tidak mengacuhkan harapan saya dan terus meneruskan membicarakan tentang kepercayaan mereka. Jadi saya berkata “Saya merasa anda tidak berhak berbicara kepada saya tentang Yesus”
Mereka keheranan dan bertanya, “Mengapa Tidak?”
Saya melanjutkan, “Karena..kamu tidak mempunyai keyakinan”.
Mendengar itu, Mereka segera menambahkan, “Keyakinan kami terhadap Yesus sekuat batu karang”.

Sambil tersenyum saya berkata, “Saya tidak merasa demikian…Mohon buka Alkitab Anda dan bacakan Injil Markus Pasal 16 ayat 16, 17 dan 18”. Ketika mereka sedang membalik-balikkan halaman Alkitab saya dengan cepat ke belakang dan kembali lagi.

Salah satu dari mereka menemukan bagian itu dan saya memintanya untuk membacakannya dengan lantang, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-etan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

(dikutip dari Alkitab Perjanjian Baru Injil Markus Pasal 16 ayat 16-18, penerbit Lembaga Alkitab Indonesia untuk The Gideons International)

Ketika seorang dari mereka menyelesaikannya kutipannya, saya berkata “pada bagian itu Yesus berkata bahwa apabila kamu mempunyai keyakinan yang sebenarnya maka kamu dapat minum racun dan tidak mati.”

Saya mengeluarkan sebotol karbol dari belakang punggung saya dan menyodorkannya, “Ini terdapat sedikit racun..Tunjukkanlah kepada saya keyakinan kamu dan saya akan mendengarkan apapun yang akan kamu katakana tentang Yesus”

Kamu seharusnya melihat mimik wajah mereka!

Mereka tidak tahu apa yang harus dikatakan.

Saya kemudian bertanya, “Apa masalahnya?…Apakah keyakinan kamu tidak cukup kuat?”

Mereka terdiam sejenak dan kemudian salah satu dari mereka berkata, “Alkitab juga mengatakan bahwa kita tidak boleh mencoba Tuhan”.

Dalam hati saya berkata, ”Jawaban bagus! “. Kemudian saya menjawab, “Saya tidak mencoba Tuhan…Saya mencoba anda. Kamu suka untuk bersaksi untuk Yesus dan ini merupakan kesempaatan besar bagi kalian”.

Terdiam beberapa saat, akhirnya satu dari mereka berkata,”Kami akan pergi dan menjumpai Pastor kami untuk menanyakan hal ini dan kembali untuk menjumpaimu.

“Baiklah..Saya akan menunggu kalian lagi”, Kata saya ketika mereka bergegas pergi. Tentunya mereka pergi dan tidak pernah kembali lagi.

Sedikit saran: Simpan salinan refrensi dari Alkitab dan sediakan sebotol karbol dan setiap kali para penginjil datang ke pintumu untuk menganggumu berikan mereka ujian ini.

[Diubah seperlunya dari: How to deal with evangelist, Excerpt from “Who’s that knocking the door” by Ven. S. Dhammika, Injil Markus, Ven. Dhammika, BuddhistNews.Tv, Terjemahkan Bebas: Tim Penerjemah Bodhi Buddhist Centre Indonesia.]

[Kembali]


Adakah Keselamatan di Luar Gereja?

Dari: Tanribra Gandranata EDDY
Subyek: Adakah Keselamatan di Luar Gereja?

Dear all :)))
Secara universal, keselamatan adalah penyelamatan manusia dari akibat-akibat dosa; terutama kelepasan dari dosa dan kematian kekal sehingga menjadi bahagia dan damai selalu.. (Sorga).

Agama2 didunia baik agama langitan (Samawi) maupun non samawi, semuanya ingin mencapai keselamatan, mencapai kebahagiaan dan kedamaian.Demikian juga berbagai aliran spiritual maupun lainnya nontheism, polytheism dlsb juga ingin mencapai keselamatan, kebahagiaan dan kedamaian.

Secara garis besar jalan untuk mencapai keselamatan itu hanya 2 jalan :

Ajaran Keselamatan
Ajaran Moral

Persyaratannya hanya satu : Bebas dosa (Kalau di Buddha atau Hindu bebas karma buruk/jahat).

Ajaran Keselamatan ditawarkan oleh Yesus Kristus, pengampunan dan penghapusan dosa, maka bagi pengikut Yesus yang setia sudah ada jaminan masuk sorga/ keselamatan.Ajaran Yesus adalah satu-satunya ajaran Keselamatan di dunia ini, tidak ada duanya :)))

Bagi yang lain (agama lain atau aliran lain) untuk mencapai keselamatan itu, mereka harus usaha sendiri. Harus bermoral baik, sampai dosanya se-zero mungkin , maka bagi agama samawi seperti Islam, pada akhir zaman akan diadili oleh Hakim Yang Adil yakni Isa Al Masih atau Yesus Kristus.

Sebelum akhir zaman, setelah meninggal dunia mereka harus menanti dialam penantian, yakni alam barzakh (alam Kubur).Bagi pengikut Yesus (Kristiani), setelah meninggal, mereka langsung dimurnikan (bagi Katolik purgatory), bagi Protestan (konon langsung), kemudian baru diperkenankan masuk sorga.

Catatan : Bagi pengikut Yesus yg lewat Katolik, Jiwa Kerohanian itu harus 100% murni,baru diperbolehkan masuk sorga, tak boleh ada setitik noda/dosapun!!! Maka jiwa2 itu harus dimurnikan dulu di api pencucian (purgatory), di ajaran Protestan konon belum mau menerima ajaran ini

Jadi bagi yang non Kristen (bukan pengikut Yesus), berusaha sendiri supaya kualitas moral itu benar2 bisa di “zero”kan, meng-groundedkan dosa seminimal mungkin !!!

Apa saja yang perlu ditingkatkan terus kualitas moral tersebut ? Diantaranya adalah :

Berpikiran benar, berucap/ber-kata2 benar, berprilaku dan berbuat benar.
Berbuat kasih dan belas kasihan kepada semua makhluk didunia dan termasuk berasimilasi dengan karakter alam semesta.
Sabar dan toleransi, ramah dan lemah lembut.
Hilangkan kemelekatan/keterikatan akan 7 perasaan dan 6 nafsu manusia.

Kesimpulan :

Jadi dari uraian singkat diatas, semua makhluk mempunyai kesempatan masuk kedalam sorga/Selamat ~bebas dari kematian kekal !!!
Bagi penganut ajaran moral, mereka harus usaha sendiri, baru ditentukan boleh masuk sorga atau tidak.
Bagi pengikut Yesus, dijamin masuk sorga, tinggal moral yg baik untuk membalas kebaikan kasih karunia Tuhan :)))
Jadi kita tinggal memilihnya mana yang terbaik menurut diri pribadi kita masing2, kita diberi kebebasan memilih, tetapi bagaimanapun kita mutlak harus berbuat kebaikan !!!

Uraian diatas adalah pendapat pribadi saya sendiri, tidak ada sangkut paut dengan ajaran yang saya anut, informasi ini tidak terikat dan mengikat, boleh percaya boleh tidak !!!

By Eddy Tanribra Gandranata.

[Kembali]


Tanggapan dan Jawaban antara Saya dan Eddy TG

From: wirajhana eka

Dear Mas Eddy,

Terus terang saya sungguh bingung dengan ajaran keselamatan ini…

Berita keselamatan ini memang tercantum di ayat ini:

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Injil Yohanes 14:6

Yang membuat saya bingung adalah kenapa Ayat Maha penting ini tidak muncul di 3 Injil lainnya (Matius, markus, Lukas)?

Contoh berita yang muncul di 4 injil adalah Tuhan Yesus Naik Keledai:

Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesus pun naik ke atasnya. Injil matius 21:7

Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. Markus 11:7

Mereka membawa keledai itu kepada Yesus, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan menolong Yesus naik ke atasnya. Lukas 19:35

Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya… Yohanes 12:14

Adakah Jaminan keselamatan lain dari Tuhan Yesus yang muncul di 4 injil lainnya, karena seharusnya JAMINAN KESELAMATAN tersebut merupakan hal yang MAHA PENTING dari pada berita Tuhan Yesus Naik keledai yang ada di 4 injil.

Kebingungan saya yang kedua adalah:

Jaminan keselamatan untuk siapa? bukankah Yesus hanya memberi keselamatan untuk orang-orang israel….?

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Injil Matius 15:24

“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan Kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu” – Injil Yohanes 17:9

“Itulah semuanya suku Israel, dua belas jumlahnya?” Kejadian 49:28

“Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.” – Injil Matius 10:2-4

“Ke duabelas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil.” – Injil Matius 10:5-6

“.. sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.” – Injil Matius 19:28

“Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.” – Wahyu 7:4

“Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua be-las malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel, Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang”. – Wahyu 21:12-13

Bahwa Tuhan Yesus turun kedunia memberikan Jaminan Keselamatan bagi pengikutnya adalah SUDAH JELAS karena ALKITAB memang memberitakannya namun JAMINAN KESELAMATAN itupun ternyata hanya untuk untuk orang-orang Israel dan turunannya …

Jadi bolehkah saya tahu alasan Mas Eddy tetap yakin pada jaminan keselamatan yang tidak ada duanya ini?

Serta lewat pintu surga manakah Mas Eddy nanti masuk?

Terima Kasih. Damai Selalu….

eka wirajhana



From: Tanribra Gandranata EDDY

Dear Eka,

Penjelasan lihat dibawah ===>>

Eka wrote:

Dear Mas Eddy,

Terus terang saya sungguh bingung dengan ajaran keselamatan ini…

Berita keselamatan ini memang tercantum di ayat ini:

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Injil Yohanes 14:6

Yang membuat saya bingung adalah kenapa Ayat Maha penting ini tidak muncul di 3 Injil lainnya (Matius, markus, Lukas)?

Eddy TG :

Bung Eka, tulisan2 di injil itu bukan merupakan laporan pandangan mata mengenai apa yg terjadi pd masa hidup Yesus (bukan report/news), melainkan pengalaman religius dan ingatan akan Yesus yg berkenan dalam hati para pengarangnya.

Sehingga dari 4 orang penulis injil itu, tidaklah selalu sama hasil penulisannya, apalagi penulisan injil itu ditujukan kepada orang2 yang berbeda suku serta dat kebiasaannya.

Dan ke 4 injil itu bisa saling melengkapi satu dengan lainnya, karena mereka bukanlah merupakan satu groups, tapi masing2 orang dan bahkan tahun penulisannyapun berbeda.

Ini berbeda dengan Kitab suci agama lain yang konon ada yg secara langsung didikte oleh Allah melalui malaikatnya, tapi Alkitab tidaklah demikian, alkitab ditulis apa adanya, berdasarkan pengalaman dan yg tampak berdasarkan kesaksian2 (Nyata).

—————————

Eka wrote :

Contoh berita yang muncul di 4 injil adalah Tuhan Yesus Naik Keledai:

[…]

Eddy TG :

Diatas sudah saya jelaskan, bhw penulisan injil itu bukanlah berdasarkan laporan pandangan mata (Kalau laporan pandangan mata, mungkin 100% bisa persis sama).

Tapi kegiatan menulis injil mulai dilakukan setelah para umat Gereja Purba merasa bhw para rasul yg merupakan saksi hidup Yesus sudah berusia lanjut dan malahan ada yg sudah meninggal.

Tapi didalam penulisan injil itu juga terdapat perbedaan2 yg tidak prinsipil, seharusnyalah kita mencernanya apa makna serta pesan2 dibawah tulisan2 tersebut, bukannya mempersoalkan perbedaan tulisannya.

—————————

Eka wrote :

Adakah Jaminan keselamatan lain dari Tuhan Yesus yang muncul di 4 injil lainnya, karena seharusnya JAMINAN KESELAMATAN tersebut merupakan hal yang MAHA PENTING dari pada berita Tuhan Yesus Naik keledai yang ada di 4 injil.

Eddy TG :

Jadi sudah saya jelaskan diatas, tidak harus ke 4 injil menulis hal yang sama misal ttg Jaminan Keselamatan maupun ttg naik keledai.

Inilah salah satu ayat yg sangat beken ttg keselamatan itu :

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.” (Yoh. 3:16-17)

—————————

Eka wrote :

Kebingungan saya yang kedua adalah:

Jaminan keselamatan untuk siapa? bukankah Yesus hanya member keselamatan untuk orang-orang israel….?

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Injil Matius 15:24

[…]

Bahwa Tuhan Yesus turun kedunia memberikan Jaminan Keselamatan bagi pengikutnya adalah SUDAH JELAS karena ALKITAB memang memberitakannya namun JAMINAN KESELAMATAN itupun ternyata hanya untuk untuk orang-orang Israel dan turunannya…

Eddy TG :

Dipastikan Jaminan Keselamatan itu bagi umat manusia seluruh dunia, bukan hanya Israel saja, bacalah penjelasan dibawah ini :

Yesus didalam melaksanakan misi-Nya sungguh ber-hati2, tidak mau gegabah dan ceroboh !!! Ungkapan2 diatas pertama-tama memang mengacu kepada Israel sebagai keseluruhan, tetapi juga kepada suatu kelompok yg hidup di tengah2 masyarakat Israel, yaitu orang2 yg karena salah satu sebab diremehkan dan sedikit banyak dikucilkan dari lingkungan keagamaan.

Yesus memperhatikan mereka secara khusus, walaupun tidak secara eksklusif.

Tujuannya bukan melemahkan bangsa Israel terutama domba2 yg hilang melainkan mempersatukannya ! Sehingga domba2 yg hilang ini justru menanggapi karya Yesus secara positif. Yesus melangkah dgn hati2 supaya kabar baik pertama-tama disampaikan kepada “putra-putra kerajaan” (mat 8:12).

Pemberitaan secara Universal akan dimulai sesudah Paskah, sebab wafat dan kebangkitan Yesus disediakan Allah bagi segala bangsa sepanjang masa. Dimana pesan Yesus terakhir, “Jadikanlah semua bangsa murid-Ku”(28:19)

Untuk melengkapi informasi, bhw injil Matius juga terbuka terhadap bangsa2 kafir ( Mat 10:18; 3:9; 8:11+; 21:43; 22:1-14; 23:38+)

Jadi berita Keselamatan itu pertama-tama dimulai dari Yerusalem :

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan diseluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap kelangit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat kelangit ? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” Kisah Rasul 1: 8-11

————————

Eka wrote :

Jadi bolehkah saya tahu alasan Mas Eddy tetap yakin pada jaminan keselamatan yang tidak ada duanya ini? Serta lewat pintu surga manakah Mas Eddy nanti masuk?

Eddy TG :

Ya, saya sungguh2 percaya dengan iman yang menyala-nyala, berkobar-kobar, bahwa jaminan keselamatan itu belum ada duanya, sebab ini semua adalah pengalaman pribadi saya, sejak dimana saya dibawa oleh Roh Kudus melihat sungguh2 keadaan sorga itu sampai 3 kali berturut-tiurut, Puji Tuhan, halleluya :))

Salam Damai Selalu ……….

Eddy TG

[Note saya: Perhatikan tanggapan terakhir Eddy TG…Ia tidak menjawab pertanyaan saya yaitu ‘lewat pintu surga manakah mas eddy nanti masuk?..]



From: wirajhana eka

Dear Mas Eddy,

ini lanjutan komentar aku…

Tulisan Mas Eddy TG :

Bung Eka, tulisan2 di injil itu bukan merupakan laporan pandangan mata mengenai apa yg terjadi pd masa hidup Yesus (bukan report/news) , melainkan pengalaman religius dan ingatan akan Yesus yg berkenan dalam hati para pengarangnya.

Sehingga dari 4 orang penulis injil itu, tidaklah selalu sama hasil penulisannya, apalagi penulisan injil itu ditujukan kepada orang2 yang berbeda suku serta adat kebiasaannya.

Dan ke 4 injil itu bisa saling melengkapi satu dengan lainnya, karena mereka bukanlah merupakan satu groups, tapi masing2 orang dan bahkan tahun penulisannyapun berbeda….tapi Alkitab tidaklah demikian, alkitab ditulis apa adanya, berdasarkan pengalaman dan yg tampak berdasarkan kesaksian2 (Nyata).

Eka:

Saya sepakat untuk ingatan akan yesus yang berkenan dalam hati pengarangnya:

Kristen di sekitar abad 2-3M: begitu banyak Injil yang beredar dan digunakan sebagai kitab suci dan oleh karena masing-masing sekte mengklaim Injilnya paling sesuai dengan ajaran Yesus, maka hal ini dipandang akan megakibatkan perpecahan dalam tubuh Kristen itu sendiri.

Di Nicea tahun 325M puluhan Injil yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda dikumpulkan dan diputuskanlah oleh Konsili dan Kaisar, empat injil yang diterima ­kanon-oleh gereja yang diharapkan dapat mengakomodasi semua sekte yang ada serta ditetapkan sebagai kitab suci yang resmi digunakan walaupun hal tersebut masih jauh dari harapan sekte-sekte yang Injil-nya ditolak -apokrif-, namun gereja yang berkuasa akhirnya berhasil menjadikan semua umat Kristen menggunakan empat Injil yang telah ditentukan untuk digunakan secara bersama-sama.

Sedangkan puluhan Injil yang lain dimusnahkan. Muktamar Nikea juga menobatkan Yesus sebagai Tuhan yang lahir 25 Desember.

Lukas sendiri menyatakan bahwa:

“Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu.” Injil Lukas 1:1-3.

Matius dan Yohannes penulis Injil bukanlah Matius dan Yohannes, dua dari 12 murid pilihan Yesus.

Matius dan Yohannes sendiri yang menyatakan secara eksplisit dalam Injil mereka bahwa mereka bukan murid-murid Yesus.

Bagaimana dengan Markus dan Lukas? Sama saja, tidak ada yang mengetahui siapa mereka sebenarnya.

Matius, Markus, Yohannes, dan Lukas benar-benar sosok misterius dalam sejarah penulisan Injil.

—————–

Tulisan Mas Eddy TG :

Jadi berita Keselamatan itu pertama-tama dimulai dari Yerusalem :

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan diseluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap kelangit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat kelangit ? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” Kisah Rasul 1: 8-11

Eka:

Mas Eddy, yang dimaksud BUKAN BERITA KESELAMATAN akan tetapi PERMOHONAN PEMULIHAN kerajaan ISRAEL… ini penggalan ayat 1:6-8 yang terlewat oleh mas Eddy:

Kisah Para Rasul 1:6-8:

“Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”

Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

—————–

Tulisan Mas Eddy TG :

Pemberitaan secara Universal akan dimulai sesudah Paskah, sebab wafat dan kebangkitan Yesus disediakan Allah bagi segala bangsa sepanjang masa. Dimana pesan Yesus terakhir, “Jadikanlah semua bangsa murid-Ku”(28: 19)

Eka:

Berita Keselamatan HANYA ada di Injil Yohanes, kemudian setelah kebangkitan Tuhan Yesus, di Injil Yohanes perintah Tuhan Yesus HANYA kepada Simon Petrus untuk meng-gembalakan Domba-dombaku, BUKAN kepada 11 Muridnya

Yohanes 21:15-17

Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”* Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”* Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: /”Apakah engkau mengasihi Aku?”* Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: /”Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Domba yang dimaksud tentunya orang-orang israel.

“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan Kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.” – Injil Yohanes 17:9

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” – Injil Matius 15:24

Pada Injil Yohanes, setelah kebangkitan tidak ada perintah kepada sebelas murid lainnya untuk bepergian keseluruh penjuru dunia untuk memberitakan (Tempat Ruangan dengan pintu terkunci):

Yohanes 20:19

“Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: ‘Damai sejahtera bagi kamu!’ “

Yohanes 20:24-26:

“Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.

Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: ‘Kami telah melihat Tuhan!’ Tetapi Tomas berkata kepada mereka: ‘Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.’

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: ‘Damai sejahtera bagi kamu!’ “

Pada referensi injil yang TIDAK MEMBERITAKAN ADA JAMINAN KESELAMATANNYA terdapat perintah kepada 11 orang murid untuk memberitakan kepada seluruh dunia yaitu di:

Injil Matius (Tempat dibukit, perintah menjadikan semua bangsa adalah murid dan baptis),

Injil Lukas (tempat: sebuah kampung, perintah: berita pertobatan dan pengampunan dosa) dan

Injil Markus (tempat: tidak jelas, Perintah beritakan Injil, yang percaya dan dibaptis dan diselamatkan)

Matius 28:16-19

“Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Yesus mendekati mereka dan berkata: ‘Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.’ “

Lukas 24:13

“Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem.”

Lukas 24:44-49:

Ia berkata kepada mereka: ‘Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.’

Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Kata-Nya kepada mereka: ‘Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.’ “

Markus 16:14-15

“Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah

Lalu Ia berkata kepada mereka: ‘Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.’ “

Injil yang dimaksud dalam kitab adalah Taurat dan Mazmur, Sebelas muridnya adalah dari suku israel untuk orang Israel yang ada diseluruh dunia untuk ketempat Bapa disurga dimana SURGA hanya tercantum 12 nama suku Israel dan bukan bangsa lainnya di 12 PINTU surga

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Injil Matius 15:24

Ke duabelas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil.” Injil Matius 10:5-6.

—————–

Tulisan Mas Eddy TG :

…sebab ini semua adalah pengalaman pribadi saya, sejak dimana saya dibawa oleh Roh Kudus melihat sungguh2 keadaan sorga itu sampai 3 kali berturut-tiurut, Puji Tuhan, halleluya :))

Eka:

Kalo yang ini mah…lebih mirip ke versi ajaran moral…

Damai selalu

Eka Wirajhana



From: Tanribra Gandranata EDDY

Dear all, Up Bung Eka,

Penulisan injil tertua dimulai sekitar tahun 60-70 M oleh Markus, kemudian oleh Matius, Lukas dan Yohanes.

Penemuan2 injil yang banyak itu diselektif, tidak asal comot saja, sebab sangat dikuatirkan adanya penyusupan/undercover kitab2 injil yg tidak ada tanggung jawab kebenarannya seperti injil Barnabas, injil Yudas, injil Paulus, dan banyak lagi traktat2 dan bahkan sampai sekarang/zaman modern ini banyak kalangan yg merasa dirinya beroposisi dgn ajaran Yesus, menyebarkan dan menebarkan ajaran2 sesat bagi kaum Kristiani yg sah, seperti Injil Barnabas, Yudas dlsb.

Mereka menggunakan ayat2 itu menyerang Injil yang sudah merupakan kitab suci umat kristiani di seluruh dunia.

Sehingga sampai sekarangpun kalau ditemukan injil2 yg dianggap penemuan baik secara arkeology maupun penyusupan2 injil sesat, semua itu harus dikaji kebenaran dan keabsahannya, dan tentu sudah ada tugas kepenitiaan ttg pengkajian dan penerapannya :)))

Bahkan anda bisa membaca, buku cerita fiktif da vinci code~dan brown, dipakai sebagi referensi untuk menyerang iman kristiani.

Tapi iman yg terbentuk karena pengalaman pribadi dgn Tuhannya yakni Yesus Kristus tak mungkin akan goyah, hanya segelintir orang kristen KTP atau jalanan saja yg tidak bisa bertahan kesetiaannya karena tidak adanya fondasi iman tsb.

Tapi kalau Bung Eka, mau lebih detail pengetahuan ttg ajaran Yesus, selayaknyalah bung Eka membaca alkitab dan garus khatam, jangan sepotong2, lalu comot sana, copy sini, seperti gunpel saja, gunting-tempel, akibatnya didalam diskusi atau tukar pikiran menjadikan hasil tulisan itu tidak mengalir, loncat2. (Kalau kita membuat taskap, skripsi atau tesis dlsb, syaratnya mutlak mulai dari awal sampai akhir bahasa maupun isi tulisannya harus mengalir/nyambung seperti air sungai mengalir)

Dan perlu diketahui, injil bukanlah merupakan sejarah atau biografi Yesus, bukan ditujukan untuk menceritakan riwayat hidup Yesus, sehingga tidak semua penulisan2 itu dibukukan, sebab Injil adalah merupakan cerita tentang kesaksian iman akan Yesus.

Bahkan injil bisa ditulis terus, sehingga juga kita yg hidup dizaman serba elektronik ini adalah juga pengarang injil. Bukankah kita juga mempunyai pengalaman iman dengan Yesus karena Yesus hidup ditengah-tengah kita ? [Kita =pengikut Yesus] Jadi jangan heran banyak penulis2 Injil, bahkan sampai zaman sekarang ini.

Pewartaan Injil lebih akurat dan lebih menarik jika yg diwartakan adalah pengalaman kita sendiri, bukan hanya pengalaman Markus, Matius, Lukas atau Yohanes atau pewarta2 lainnya.

Orang2 yg bukan pengikut Yesus, tidak mungkin akan mengalami iman dengan Yesus, apalagi yg suka menganiayai pengikut2 Yesus, pembakaran gereja dlsb, kecuali yang dipakai oleh Yesus pd orang2 tertentu/orang2 pilihan seperti Saulus yg suka menganiayai pengikut2 Yesus :)))

Bagi pengikut Yesus, mereka akan mengalami iman bersama Yesus berbagai cara, dan bisa sama atau berbeda antara pengikut satu dgn pengikut Kristus lainnya. Pengalaman iman inilah yg membuat pengikut2 Kristus setia dan bertahan sampai kesudahannya

Jadi apapun yg ditulis orang untuk melemahkan iman para pengikut Yesus, dipastikan iman para pengikut Yesus tidak akan GOYAH, sebab setiap pengikut Yesus yg sungguh2, pasti mempunyai pengalaman iman dengan Yesus atau Roh Kudus dan tak mungkin terlupakan !!!

Yesus saat ini masih hidup bersama tubuh kemuliaanNya tanpa dibatasi ruang dan waktu, ini beda dengan nabi2 lain yang mati dikubur dan jiwa yg penuh dosa itu menanti dialam penantian, alam kubur maupun alam barzakh, mereka menanti sampai akhir zaman untuk diadili oleh Yesus Kristus.

Maka Yesus juga menginjili orang2 dialam penantian/alam kubur, selama 3 hari dari wafat sampai KebangkitanNya (masa Paskah), memberitakan kepada orang2 yg dulunya belum mendengar berita keselamatan itu. Lihat 1 Petrus 3:18-21; 1 Petrus 4:6 ; Efesus 4:9-10.

Jadi disini jelas orang yg belum atau tidak mau percaya, setelah mereka meninggal, mereka harus mengalami kematian dan siksaan dialam kubur/alam Barzakh sampai akhir zaman, dan baru diputuskan masuk neraka atau sorga oleh hakim yang adil yakni Yesus Kristus !!!

Nah, dibawah ini saya lampirkan ayat2 ttg ajaran Keselamatan :

“Tetapi semua orang yang menerimanya diberinya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya.” (Yoh !:12)

“Barangsiapa percaya kepada Anak ia beroleh hidup yg kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.” [Yoh 3:36]

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataanKu dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yg kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.” [Yoh 5:24]

“Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmatNya.” [Titus 3:5a]

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.” [Efesus 2:8-9]

“Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yg kekal” [1 Yoh 5:13]

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus dia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu, yg baru sudah datang!” [2Korintus 5:17]

“Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah dalam dunia sekarang ini…” [Titus 2:11-12]

Anda bisa baca juga Yoh 3:16-17; Yoh 1:1-14+

Tentang pengalaman Iman itu, anda boleh saja katakan ajaran Moral……… Ajaran Yesus tentu juga mengandung ajaran moral dong…… Tapi Yesus pribadi mempunyai kemampuan membawa kita kesorga.

Bacalah Janji2 Kristus yg sudah menyediakan tempat dan akan membawa para pengikutnya ke sorga, [lihat Yoh 14 :1-6] :

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu.

Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”.

Salam,

Eddy TG



From: wirajhana eka

Dear all juga Mas Eddy,

Tks atas info barunya….berikut ini adalah komentar aku tentang lanjutan tulisan Mas Eddy yang menurut saya tidak konsisten

Pertama Mas Eddy kuatir adanya penyusupan kitab injil yang tidak bertanggung jawab kebenarannya sehingga harus diselektif:

Tulisan Mas Eddy:

Penemuan2 injil yang banyak itu diselektif, tidak asal comot saja, sebab sangat dikuatirkan adanya penyusupan/undercover kitab2 injil yg tidak ada tanggung jawab kebenarannya seperti injil Barnabas, injil Yudas, injil Paulus, dan banyak lagi traktat2 dan bahkan sampai sekarang/zaman modern ini banyak kalangan yg merasa dirinya beroposisi dgn ajaran Yesus, menyebarkan dan menebarkan ajaran2 sesat bagi kaum Kristiani yg sah, seperti Injil Barnabas, Yudas dlsb.

Mereka menggunakan ayat2 itu menyerang Injil yang sudah merupakan kitab suci umat kristiani di seluruh dunia.

Sehingga sampai sekarangpun kalau ditemukan injil2 yg dianggap penemuan baik secara arkeology maupun penyusupan2 injil sesat, semua itu harus dikaji kebenaran dan keabsahannya, dan tentu sudah ada tugas kepenitiaan ttg pengkajian dan penerapannya :))

Eka:

Kemudian Mas Eddy bilang bahwa injil bisa ditulis terus sehingga kita yang hidup dijaman serba elektronik ini adalah juga pengarang injil dan lebih menarik jika diwartakan adalah pengalaman sendiri bukan hanya pengalaman Markus, Matius, Lukas atau Yohanes:

———————–

Tulisan Mas Eddy:

Bahkan injil bisa ditulis terus, sehingga juga kita yg hidup dizaman serba elektronik ini adalah juga pengarang injil. Bukankah kita juga mempunyai pengalaman iman dengan Yesus karena Yesus hidup ditengah-tengah kita ? [Kita =pengikut Yesus]

Jadi jangan heran banyak penulis2 Injil, bahkan sampai zaman sekarang ini.

Pewartaan Injil lebih akurat dan lebih menarik jika yg diwartakan adalah pengalaman kita sendiri, bukan hanya pengalaman Markus, Matius, Lukas atau Yohanes atau pewarta2 lainnya.

Orang2 yg bukan pengikut Yesus, tidak mungkin akan mengalami iman dengan Yesus, apalagi yg suka menganiayai pengikut2 Yesus, pembakaran gereja dlsb, kecuali yang dipakai oleh Yesus pd orang2 tertentu/orang2 pilihan seperti Saulus yg suka menganiayai pengikut2 Yesus :)))

Eka:

Terus terang saya NGERI atas tulisan Mas Eddy. Siapa yang menentukan orang2 tersebut merupakan orang yang dipakai Tuhan Yesus?

Bukti sejarah mencatat bahwa Manusia sudah bermain-main menjadi TUHAN YESUS melalui lembaga-lembaga yang dibuat oleh sekumpulan manusia biasa dan mengeluarkan keputusan atas nama TUHAN YESUS sehingga apakah manusia biasa bisa tahu kemauan Tuhannya kaum Israel?

Alkitab telah mengingatkan:

“Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.” [Ulangan 12:32].

Berikut saya tunjukan tambahan dan pengurangan yang dilakukan oleh MANUSIA pada Alkitab.

Dalam Today English version (TEV) dengan kode [Not in TEV] Not in The English Today ada beberapa nomor ayat namun isi ayatnya tidak ada/hilang karena tidak diketahui dan bukan tulisan manusia yang terinspirasikan oleh roh suci namun telah ditambahkan:
Injil Matius

Dalam Injil Matius versi Todays English Version (TEV) penginjil secara jujur menunjukkan bahwa ayat Matius 18:11 telah hilang, ditulis sebagai berikut pada versi Injil tersebut :

Matthew 18:11 [NOT IN TEV]

Artinya, isi ayat tersebut tidak ada dalam Injil Today English Version. Hilangnya ayat mengusik para penginjil, sehingga mereka dengan keberanian penuh, menambah-nambah ayat, contoh dalam Injil Matius Terjemahan Baru oleh LAI ada penambahan ayat seperti berikut :

Matius 18:11 [Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.]”

Tanda kurung [ ] adalah untuk menunjukkan bahwa ayat yang berada di dalamnya adalah tambahan belaka. LAI bahkan pernah lebih berani menambah ayat tersebut tanpa memberikan tanda [ ] yang dilakukannya pada Terjemahan Lama:

Matius 18:11 Karena Anak manusia datang menyelamatkan yang sesat.

Tidak adanya simbol [ ] untuk menunjukkan ayat buatan baru, sengaja ataupun tidak akan menyesatkan pembacanya bahwa tidak ada ayat palsu dalam Alkitab dan akan menyebabkan pembacanya mengira bahwa kitab mereka adalah kitab hasil tulisan manusia yang terinspirsikan oleh roh suci atau sebagai kesengajaan agar para pembaca Alkitab tetap meyakini bahwa Alkitab adalah tulisan manusia yang terinspirasikan oleh roh suci.

Berikut beberapa contoh ayat-ayat hilang lainnya dari Injil Matius:

Matthew 17:21 [NOT IN TEV]
Matthew 21:44 [NOT IN TEV]
Matthew 23:14 [NOT IN TEV]

Dan ayat-ayat yang hilang tersebut telah diganti oleh ayat-ayat buatan untuk menyembunyikan yang telah hilang:

Matius 17:21 [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]
Matius 21:44 [Dan barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk.]
Matius 23:14 [Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.]

Injil Markus

Mark 7:16 [NOT IN TEV]
Mark 9:44 [NOT IN TEV]
Mark 9:46 [NOT IN TEV]
Mark 11:26 [NOT IN TEV]
Mark 15:28 [NOT IN TEV]

Dan berikut ayat-ayat untuk menggantikan ayat-ayat yang hilang:

Markus 7:16 [Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!]
Markus 9:44 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan – apinya tidak akan padam.]
Markus 9:46 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]
Markus 11:26 [Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengam-puni kesalahan-kesalahanmu.]
Markus 15:28 [Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: “Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka.”]

Injil Lukas

Luke 17:36 [NOT IN TEV]
Luke 23:17 [NOT IN TEV]

Dan berikut ayat-ayat sebagai pengganti dari ayat-ayat yang hilang tersebut :

Lukas 17:36 [Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.]
Lukas 23:17 [Sebab ia wajib melepaskan seorang bagi mereka pada hari raya itu.]

Injil Yohanes

John 5:4 [NOT IN TEV]

Lihat kutipan ayat tersebut versi LAI Terjemahan Baru :

Yohanes 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barang-siapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apa pun juga penyakitnya.

Namun dalam Alkitab Terjemahan Baru Edisi 2 dan Alkitab dalam berbagai bahasa daerah ayat tersebut telah diberi tanda [ ] untuk menunjukkan bahwa ayat tersebut adalah ayat buatan penginjil, bahkan kalimat dalam ayat sebelumnya juga palsu.

LAI Terjemahan Baru Edisi 2 :

Yohanes 5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh. [ Mereka menantikan guncangan air kolam itu
Yohanes 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan mengguncangkan air itu; siapa saja yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah guncangan air itu, menjadi sembuh, apa pun penyakitnya. ]

Kisah Para Rasul
Berikut ayat-ayat yang hilang dalam Kitab Kisah Para Rasul yang ditulis oleh Lukas :

Act 8:37 [NOT IN TEV]
Act 15:34 [NOT IN TEV]
Act 24:7 [NOT IN TEV]
Act 28:29 [NOT IN TEV]

Dan ayat-ayat yang hilang tersebut telah diganti dengan ayat berikut ini :

Kisah Para Raul 8:37 [Sahut Filipus: “Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh.” Jawabnya: “Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.”]
Kisah Para Raul 15:34 [Tetapi Silas memutuskan untuk tinggal di situ.]
Kisah Para Raul 24:7 Tetapi kepala pasukan Lisias datang mencegahnya dan merebut dia dengan kekerasan dari tangan kami,
Kisah Para Raul 28:29 [Dan setelah Paulus berkata demikian, pergilah orang-orang Yahudi itu dengan banyak perbedaan paham antara mereka.]

Roma
Dalam kitab Roma atau surat-surat Paulus ke-pada Jemaat Kristen non Yahudi di Roma di Roma, juga terdapat ayat yang hilang yaitu :

Rome 16:24 [NOT IN TEV]

Dan telah diganti dengan ayat palsu sebagai berikut :

Roma 16:24 [Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita menyertai kamu sekalian! Amin.]

Bukan cuma itu saja Mas Eddy, berikut dibawah ini terdapat ayat ayat yang ada Terjemahan lama menjadi berubah pada Terjemahan baru:

Terjemahan lama: Alkitab terbitan LAI ¬ Lembaga Alkitab Indonesia – terjemahan baru, dalam terjemahan LAI tahun 1970

Terjemahan Baru: Alkitab terbitan LAI ¬ Lembaga Alkitab Indonesia – terjemahan baru, dalam terjemahan LAI tahun 2004

Memperhalus ayat-ayat porno
“Ia berahi kepada kawan-kawannya bersundal, yang auratnya seperti aurat keledai dan zakarnya seperti zakar kuda.” Yehezkiel 23:20-21 (Alkitab terbitan LAI-tahun 2004)

diubah menjadi:

“Dan melampiaskan hasratnja dengan petjinta mereka, jang pelirnja seperti pelir keledai dan jang pantjarannja laksana pantjaran kuda djantan.” Yehezkiel 23:20 (Alkitab terbitan LAI ¬ Lembaga Alkitab Indonesia – tahun 1970)

Antara pelir dan aurat adalah dua kata yang jauh berbeda, aurat memiliki pengertian yang banyak, diantaranya : pusar, perut, dada, paha, pantat dan lain-lain, sementara pelir adalah untuk menunjukkan alat kemaluan yang khas bagi seorang lelaki atau alat reproduksi hewan jantan.

Dalam terjemahan LAI 2004, yaitu:

pancarannya seperti pancaran kuda jantan, di mana susunan kata-kata tersebut untuk menggambarkan semburan sperma yang keluar dari pelir seorang lelaki yang sangat birahi. Perubahan tersebut telah mengubah makna yang semula.

Pada tahun 1562, Biarawan Spanyol Fray Luis de Leon, dijebloskan ke dalam penjara oleh lembaga inkuisisi karena telah menyusun terjemahan dari kitab yang berbahasa Ibrani asli, tentu saja hasilnya adalah terjemahannya yang sangat vulgar dan porno.

Menyelewengkan Kisah Penyaliban
Perubahan pada kisah penyaliban, perubahan tersebut telah mengubah arti dari yang disalib bukan Yesus kepada arti yang di salib adalah Yesus. Untuk ilustrasi dari apa yang dikisahkan oleh Alkitab Terjemahan Lama dan Alkitab Terjemahan Baru mari kita lihat gambar dibawah ini tentang tentang perkataan orang yang disalib kepada Ibu Yesus dan seorang laki-laki yang ada di samping ibu Yesus.

Terjemahan lama:

Orang yang disalib mengatakan kepada ibu Yesus

“Hai perempuan, tengoklah anakmu”

yang menunjukkan bahwa anak ibu Yesus adalah yang berada di samping ibu Yesus. Sedang seorang laki-laki yang di samping ibu Yesus adalah Yesus sendiri, karena orang yang disalib mengatakan kepada laki-laki tersebut memerintahkan melihat ibunya yang ada di sampingnya dengan perkataan

“tengoklah ibumu”

Sangat jelas dan gamblang, bahwa orang yang disalib bukanlah Yesus!

Perubahan tersebut, dapat kita lihat pada Terjemahan Baru oleh LAI tahun 2004. Perkataan orang yang disalib dirubah menjadi

“Ibu, inilah anak-mu”

Perubahan tersebut memberikan arti baru yaitu bahwa orang yang disalib adalah anak ibu Yesus yaitu Yesus sendiri, dan memberikan arti baru bahwa orang yang berada di samping ibu Yesus adalah salah satu murid Yesus,

Terjemahan semacam itu, tentu dipandang membahayakan bagi doktrin ke-Kristen-an yang menyatakan Yesus mati disalib sebagai korban penebusan dosa, oleh karenanya ada kepentingan untuk mengubah teks perkataan orang yang disalib agar tidak menunjukkan bahwa orang yang disalib bukanlah Yesus.

Bisa saja orang-orang Kristen menyangkal bahwa baik terjemahan lama dan terjemahan baru sama-sama memberikan arti bahwa yang disalib adalah Yesus dan orang yang berada di samping ibu Yesus adalah salah seorang murid Yesus, kalau artinya sama saja, lalu apa perlunya mengubah-ubah perkataan, bukankah telah diklaim bahwa Alkitab adalah Firman Allah, bukankah telah diklaim bahwa Alkitab adalah tulisan manusia yang terinspirasikan oleh roh suci, bukankah diklaim bahwa Alkitab adalah kitab sejarah.

Hukum halal haramnya makanan

Babi
“Demikian juga babi, meskipun berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu.” (Imamat 11:7, Bibel terbitan Lembaga Alkitab Indonesia tahun 1968)

bandingkan dengan

“Demikian juga babi hutan, meskipun berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu.” (Imamat 11:7, Bibel terbitan Lembaga Alkitab Indonesia tahun 1979)

Kelinci
…. yang tiada boleh kamu makan ….. yaitu unta dan kawelu dan kelinci,…haramlah ia kepadamu. Ulangan 14:7 (Terjemahan Lama)

bandingkan dengan

….. tidak boleh kamu makan .. unta, kelinci hutan dan marmot, haram semuanya itu bagimu. Ulangan 14:7 (Terjemahan Baru)

Kalau tidak di ubah maka seluruh umat Kristen menyatakan bahwa babi (daging babi) dan kelinci adalah HARAM dimakan, Umat Kristen menghalalkan babi dan kelinci didasarkan pada surat tertulis Paulus kepada jamaat di Timotius :

“Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur. “ -1 Timotius 4:4

Menurut Paulus, segala jenis hewan adalah baik tak terkecuali babi, ular, buaya, tikus bahkan binatang yang paling menjijikkanpun asal diterima dengan ucapan syukur maka halal daging binatang tersebut.

Sangat nampak pertentangan Paulus dengan ketentuan Allah, di mana Allah sangat jelas telah mengharamkan namun Paulus menghalalkannya seperti yang termaktub dalam suratnya kepada jemaat Korintus :

“Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.” -1 Korintus 6:12

Paulus telah mengubah ketentuan Allah, dari yang halal menjadi haram dan dari yang haram menjadi halal. Paulus bukanlah nabi dan juga bukan murid Yesus, sehingga segala pernyataannya tidak bisa digunakan untuk menghapus ketentuan Allah, Petrus saja yang seorang murid Yesus tidak dapat menghapus ketentuan Allah

“Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram” -Kisah Para Rasul 10:15.

40.000 menjadi 4.000
“Dan lagi adalah pada raja Sulaiman empat puluh ribu kandang akan segala rata baginda dan dua belas ribu orang berkuda.” [1 Raja-raja 4:26] (Terjemahan Lama)

Dirubah menjadi :

“Lagipula Salomo mempunyai kuda empat ribu kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda. “[1 Raja-raja 4:26] (LAI 1979)

7 Menjadi 3
“…. Maukah engkau suatu bala kelaparan tujuh tahun lamanya berlaku dalam negerimu? …..” [2 Samuel 24:13] (Terjemahan Lama)

Dirubah menjadi :

…… “Akan datangkah menimpa engkau tiga tahun kelaparan di negerimu? … ” [2 Samuel 24:13] (Terjemahan Baru)

Berikut ini adalah kutipan pernyataan dari orang-orang kristen sendiri:


David F. Hinson dalam buku The History of Israel (2001) menyatakan:
“Dalam mempelajari sejarah Israel hendaknya selalu diingat bahwa kita berhadapan dengan legenda dan bukan sejarah. Cerita-cerita itu bukanlah laporan-laporan yang ditulis segera setelah peristiwa itu terjadi namun ditulis beberapa abad kemudian sebagai hasil ingatan seorang ayah yang bercerita kepada anak-anaknya dari satu generasi ke generasi berikutnya.”

Dr.GC van Niftrik dan DS BJ Boland dalam buku Dogmatika Masa Kini (1967) menyatakan:
“Kita tidak usah malu-malu mengakui bahwa terdapat berbagai kekhilafan dalam Alkitab, kekhilafan tentang angka-angka perhitungan, tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungkan kekhilafan itu pada caranya.”

Prof. Alvar Ellegard dalam bukunya Jesus 100 Years Before Christ (1999) mengatakan:
“Tujuan mereka adalah untuk menyebarkan cerita tentang Yesus yang dikemas sesuai dengan ajaran yang telah ditetapkan Gereja mereka, yang dipungut dari berbagai sumber yang cocok dengan keinginan mereka, baik dari sumber sejarah, cerita dongeng, maupun khayalan.”

James Russel Lowel:
“Secara perlahan Injil manusia itu ditulis bukan pada lembaran-lembaran kertas atau lempengan-lempengan batu, setiap zaman, setiap kelurga, menambahkan satu ayat kepadanya, teks-teks tentang keputusasaan atau pengharapan, kebahagiaan atau kesedihan.”

Fauste, Sarjana/Ahli Kristen thn 400-an M.
“Kitab-kitab yang disusun oleh para penulis Injil ditulis jauh setelah masa murid-murid Yesus oleh beberapa orang yang tidak jelas, yang karena kwatir bahwa dunia tidak akan menghargai hubungan mereka dengan persoalan-persoalan yang bisa jadi mereka tidk tahu, telah menerbitkannya di bawah nama para murid Yesus.”

James Hastings, A Dictionary of Christ.
“Ibrani atau bukan, tidak ada keraguan baik dari pertimbangan-pertimbangan apriori maupun dari bukti internal tentang Injil-Injil berbahasa Yunani bahwa telah berlangsung suatu rekaan dari pihak gereja tentang suatu Injil dalam bahasa Ibrani seperti yang kemudian secara umum diucapkan di daerah Yudea.”

Mas Eddy, saya akui bahwa tulisan bukan murni karangan saya namun saya ambil “sepotong2, lalu comot sana, copy sini, seperti gunpel saja, gunting-tempel” dan mudah-mudahan tidak menjadikan hasil “tulisan itu tidak mengalir, loncat2. (Kalau kita membuat taskap, skripsi atau tesis dlsb, syaratnya mutlak mulai dari awal sampai akhir bahasa maupun isi tulisannya harus mengalir/nyambung seperti air sungai mengalir)”

Tidak ada sebab tanpa akibat dan tidak ada maksud saya untuk melemahkan iman siapapun, hal ini merupaka lanjutan tanggapan atas tulisan sebelumnya mengenai JAMINAN KESELAMATAN, dan apa yang saya kemukakan juga tertulis di Alkitab yang merupakan kitab yang sama yang di Imani oleh Mas Eddy.

Dengan ini saya akhiri komentar-komentar saya, maaf apabila kurang berkenan, karena kebenaran hakiki hanya ada di dalam TUHAN, manusia hanya bisa menafsirkan. Pikiran bekerja dengan jalannya sendiri. Semoga Bermanfaat

Hormat saya,

Eka Wirajhana



From: Tanribra Gandranata EDDY

Anda ini ternyata tukang ngeyel juga ya? Mula pertama saja bisa lurus, lama2 ketahuan juga belangnya, pantes yg didiskusi ttg keselamatan diluar gereja, dia plintir habis2an dgn berbagai cara yg tidak masuk akal, comot sana comot sini, setelah ketahuan comot sana comot sini, maka akhirnya terbukalah kedoknya.

Sebenarnya pertanyaan anda itu sudah basi, sudah ditanyakan oleh teman2 anda dan kalau dijelaskan selalu ngeyel dan setelah itu, hal2 itu juga yg ditanyakan lagi. Dan kini anda ikut2an comot… huahahahaa ……………

Tahukah anda, kalau Isa As yang menjadi Hakim yang adil dan yang mengadili anda pada akhir zaman? Kalau anda belum tahu bacalah ini:

Isa adalah hakim yang adil

“Demi Allah yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun ditengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil …” (Hadits Shohih Muslim 127)

Jika kita ringkaskan keselamatan itu bukanlah merupakan hasil manusia berupa amal saleh atau melaksanakan setiap pengamalan-pengamalan ritual agama yang mereka lakukan melainkan oleh karena rahmat dan karunia Allah yang diberikan kepada menusia melalui Isa Almasih.

Rahmat dan karunia Allah ini bukan untuk orang orang tertentu melainkan untuk seluruh umat manusia . Untuk memperoleh rahmat dan karunia Allah ini kita perlu mengikuti dan mentaati shiraathal mustaqiim (Jalan yang lurus) yaitu Isa Almasih putera Maryam.

Oleh karena itu kita harus menyadari bahwa kesempatan hidup di dunia ini hanya sekali dan waktunya sangat singkat, selama hidup di dunia ini janganlah salah memilih jalan karena apabila kita salah memilih jalan, maka akibatnya sangat fatal yang membawa kita masuk ke dalam neraka yang abadan abadan dan tidak ada yang dapat membatalkannya.

Ikutilah dan taatilah shiraatal mustaqiim supaya anda memperoleh keselamatan yang pasti.

Kalau anda sudah tahu, nah untuk apa lagi tulisan2 yg isinya belum tentu benar dan berlawanan dg alkitab itu anda pertentangkan, saya sih ogah berdiskusi dg cara2 tidak mutu seperti itu…………..

Ok, good bye ……………………………..



From: wirajhana eka

Dear Mas Eddy yang lagi marah2…

Tentang:
“Sebenarnya pertanyaan anda itu sudah basi, sudah ditanyakan oleh teman2 anda dan kalau dijelaskan selalu ngeyel dan setelah itu, hal2 itu juga yg ditanyakan lagi. Dan kini anda ikut2an comot…huahahahaa. …”

Jawab:
Mas Eddy juga kocak..sudah tahu basi masih juga semangat untuk menjelaskan, kalau ditanyakan dan dijelaskan dengan cara berpikir yang berbeda selalu dibilang ngeyel, ketahuan belangnya, memelintir dan marah2..

Bukankah tulisan2 mas Eddy tidak semua asli dari pikiran sendiri dan berasal dari proses pembelajaran dan refleksi pengalaman hidup (baca:comot sana comot sini)

tentang:
“memelintir habis2an dengan berbagai cara yang tidak masuk akal”.

….ah, itukan kata Mas Eddy

Paling tidak, ada yang dapat kita pelajari:

Berpendapat adalah mudah, berbeda pendapat dan menerima perbedaan pendapat jelas butuh kompetensi kedewasaan emosi dan kematangan jiwa….

Saya sepakat dengan pesan yang saya comot dari tulisan Mas Eddy:

“selama hidup di dunia ini janganlah salah memilih jalan karena apabila kita salah memilih jalan, maka akibatnya sangat fatal yang membawa kita masuk ke dalam neraka yang abadan dan tidak ada yang dapat membatalkannya.”

Dan saya juga sepakat untuk menghentikan diskusi yang menarik ini..

Terima kasih untuk waktu dan kesempatannya….

Damai Selalu,

Eka Wirajhana



From: Tanribra Gandranata EDDY

Injil Tidak Berubah, tapi Injil MENGUBAH !!!

Injil mampu mengubah dari tidak benar menjadi benar, dari tidak selamat menjadi selamat, dari penuh dosa diampuni dan boleh masuk sorga, yang mati imannya akan lahir baru, Injil penuh Kuasa dan Perkasa;camkanlah semua ini baik-baik !!!

Sehingga sudah mulai banyak orang yang murtad lalu mereka memilih Injil sebagai Kitab Suci mereka yang baru…!!!

Mereka yang belum murtad serta keras hati dan keras kepala, mereka berusaha terus dengan cara menebarkan kebencian serta kebohongan dan fitnah, maka Injil2 palsu serta Kitab2 yang ditolak Umat Kristen/Katolik itu dipakai untuk menyerang Injil-Benar yang dipakai umat Kristiani, supaya orang2 yang murtad mau berbalik kembali dan juga supaya umat Kristiani berhianat kepada Yesus….Tapi sayang mereka yang murtad tetap sangat setia kepada Yesus, demikian juga yang sudah percaya bertumbuh terus dalam iman kepada Tuhan, karena mereka sudah tahu kalau Yesus adalah jalan satu-satunya kesorga, menyediakan tempat di sorga dan berjanji membawa mereka/kita semua kesorga….. ………

Puji Tuhan, segala hormat dan kemuliaan bagiNya dan selama-lamanya. …….

Tapi bagi yang bukan pengikut Yesus, mereka juga akan memanggil-manggil nama Yesus, “Tuhan….Tuhan. ….., tolong kami juga”

Tapi Yesus bilang, “Aku tidak mengenalmu, enyahlah daripadaku.. …….., maka mereka semua akan diikat dan dijadikan satu lalu dibuang ke dalam api neraka yang kekal, disana akan terdengar erangan, rintihan, raungan serta kertakan gigi”

Mereka dibakar, bagaikan binatang ngengat (kecil sekali) yang dipanggang diatas bara yang menyala-nyala, tapi ngengat itu tetap hidup sambil menahan sakit yang luar biasa itu :)))

Siapa yang tidak percaya akan dihukum, dan bagi yang percaya akan memperoleh kehidupan kekal disorga !!!

Maka berbahagialah orang yang nama-namanya sudah tercantum didalam Kitab Kehidupan Anak Domba Allah di sorga.

Siapa2kah yang pasti dan boleh dicantumkan nama2nya didalam Kitab Kehidupan itu ? Semua orang yang beriman kepada Yesus, menjadi muridnya serta mengikuti jalannya, Setia dan bertahan sampai kesudahannya, maka ia akan SELAMAT, IA dan SEISI rumah :))Puji Tuhan, Alleluya…. ……… ……… …….

Mulai hari ini ubahlah hidup saudara, jangan katakan tidak bisa, segera berbaliklah. Terimalah Yesus sebagai Penyelamat anda, anda belum terlambat, anda diberi kesempatan !!!

Yesus akan memberkati anda hari ini juga, besok dan sampai selama-lamanya, amin…….. .



From: wirajhana eka

Injil telah di ubah, dan manusia-lah yang mengubah…

Tuhan Yesus Sudah menyatakan:

“Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.” Lukas 16:17

Tetapi karena ulah Manusia:

Markus 14:56
“Banyak juga orang yang mengucapkan kesaksian palsu terhadap Dia, tetapi kesaksian-kesaksian itu tidak sesuai yang satu dengan yang lain.”

Yer 5:31
“Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?”

Dengan mimpi-mimpi:

Yer 23:25-27
“Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi!”

“Sampai bilamana hal itu ada dalam hati para nabi yang bernubuat palsu dan yang menubuatkan tipu rekaan hatinya sendiri”

Waspadalah….Waspadalah…Waspadalah!:

Flp 3:2
“Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu,”

Ef 4:14
“sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,”

Petrus 2:2-3
“Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.”

“Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.”

Yer 8:8
“Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong”

Sudah di ingatkan untuk menguji:

1 Yohanes 4:1
“Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.”

Markus 7:7-9
“Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia, Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.

Yesus berkata pula kepada mereka: “Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri”

Sudah diingatkan Bahwa Tuhan Yesus hanya untuk bangsa Israel:

Yohanes 17:9
“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan Kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu”

Matius 15:24
Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel .”

Tidak kesiapapun kecuali kepada domba yang hilang dari umat israel

Matius 10:5-6
“Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria , melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil.”

Apa lagi yang kurang? Janganlah salah memilih jalan karena apabila kita salah memilih jalan, maka akibatnya sangat fatal, maka Bertobatlah!



Setelah terputus beberapa lama, Akhirnya tali diskusi kami berlanjut kembali dalam satu topik di bawah ini yaitu menanggapi kutipan dari Rudy Prabowo:

From Rudy Prabowo, diambil dari milis Zamanku:

SAYIDINA ISA AL-MASIH : NABI KEPADA BANGSA ISRAIL SAHAJA??

Segelintir umat Islam menyalah-sangka bahawa Sayidina Rabboni Isa al-Masih a.s. telah datang kononnya, hanya “untuk bangsa Israil sahaja dan bukan untuk semua bangsa” seperti yang dipercayai oleh orang-orang Kristian. Andaian ini pada asasnya cuba menarik orang-orang Kristian supaya menjadi pengikut-pengikut Muhammad, memandangkan dakwaan mereka kononnya hanya Muhammad seorang sahaja “nabi untuk semua bangsa” dan manusia pada segala zaman. Untuk menyokong dakwaan mereka, orang-orang Muslim ini dengan cepat memetik ayat-ayat daripada Kitab Suci Injil, seperti berikut:

Kedua belas murid itu diutus oleh Isa dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Injil Matius 10:5,6

Jawab Isa: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Injil Matius 15:24

Pertama sekali, adalah penting untuk mengetahui bahawa Sayidina Isa lahir daripada garis keturunan sayidina -sayidina Ibrahim, Ishak dan Yakub. Justru itu, Baginda sendiri merupakan perkabulan segala janji-janji Allah yang telah dimeterai dengan hamba-Nya Ibrahim sejak berabad- abad yang lalu. Oleh sebab baginda patuh serta bertunduk kepada kehendak Allah, janji Allah kepada Ibrahim merupakan lipat dua kali ganda. Pertama, Allah berjanji untuk memberkati waris keturunannya yakni Ishak, Yakub (Israel), dan juga anak-anak (keturunan) Israel. Kedua, Allah berjanji bahawa daripada garis keturunan Ibrahim, Ishak dan Yakub inilah, akan bangkit satu berkat dan anugerah untuk segala bangsa-bangsa yakni untuk seluruh dunia (Lihat Kitab Taurat – Kejadian 17:4-5 – Janji Allah kepada Sayidina Ibrahim,dan Kitab Suci Injil – Kisah Para Rasul 3:25,26 dan Galatia 3:8,14).

Dalam perjanjian dengan Ibrahim itu, kedua-dua keturunan yakni keturunan Israel dan keturunan orang asing (‘Gentiles’ -non-Yahudi) akan sama-sama diberkati. Ini disahkan apabila Sayidina Isa telah dilahirkan selepas beberapa abad kemudian. Ketika seorang bayi, Isa al-Masih telah dibawa masuk ke bait Allah untuk diserahkan serta ditahbiskan kepada Tuhan oleh seorang lelaki tua yang salih telah digerakkan oleh Roh Allah semasa sedang berdoa. Dia menyambut bayi itu dan menatang-Nya sambil mengisytiharkan kata-kata yang berikut dalam doa kesyukurannya kepada Allah ta’ala :

Sebab mataku telah melihat keselamatan yang datang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, iaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan (juga) menjadi kemuliaan bagi umat-Mu Israel. Injil Lukas 2:30-32

Dari ayat di atas, dapat kita fahami pelayanan Isa merupakan ganda dua. Pertama, disebabkan Dia dilahirkan daripada bangsa Israel, misi pertamanya adalah untuk menyatakan Tuhan serta diri-Nya kepada bangsa Israel. Mereka merupakan bangsa pilihan Tuhan – keturunan Ibrahim, Ishak dan Yakub. Malah Al-Quran sendiri bersaksi tentang keistimewaan ini.

Dan ingatkanlah (peristiwa berkenaan dengan) hamba Kami: Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq serta Nabi Ya’qub yang mempunyai Kekuasaan dan Pandangan Yang Mendalam. Sesungguhnya Kami telah pilih mereka khusus untuk (tujuan) yang khas – menyatakan Ajaran berkenaan dengan dunia Akhirat. Q.Surah 38:45,46

Wahai bani Israel! Kenangkanlah ni’mat-ni’mat-Ku yang telah Kukurniakan kepada kamu, dan (ingatlah) bahawasanya Aku telah melebihkan kamu atas orang-orang lain. (untuk menerima Risalah-Ku).Q.Surah 2:47

Malangnya, ketika masa terus berlalu, anak-anak Israel telah menjadi kurang peka dan bersikap tidak acuh tentang hal-hal tanggung-jawab mereka terhadap Tuhan. Oleh itu, menjadi keharusan bagi Isa al-Masih untuk melayani dan bekerja di antara mereka secara peribadi dengan membawa tanda-tanda, keajaiban dan mukjizat supaya dapat meyakinkan mereka bahawa bagindalah satu-satunya Al-Masih yang telah lama ditunggu-tunggu dan dijanjikan oleh Allah itu, seorang yang telah dipilih, ditahbiskan, diurapi dan diberkati yang mana telah diutus oleh Allah untuk menganugerahi dan menebus kesejahteraan umat Allah yang terpilih.

Oleh sebab itu, semasa pelayanan peribadi-Nya, Sayidina Isa hanya seolah-olah memerintahkan murid-murid-Nya supaya pergi kepada bangsa Israel sahaja. Mereka inilah yang harus mendengar risalah baginda itu terlebih dahulu. Ini merupakan keistimewaan bagi mereka kerana mereka adalah bangsa pilihan Allah – yang dijadnjikan untuk diberkati Allah secara istimewa. Lagi pun sayidina rabboni Isa itu juga berasal daripada bangsa Israel. Berikutan dengan kewafatan dan kebangkitan Isa, seorang daripada muridnya menyatakan bangsa Israel sebagai berikut:

Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bahagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Dia berfirman kepada Ibrahim: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati. Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.
Kisah Para Rasul 3:25,26

Adalah penting untuk disedari bahawa bahagian kedua misi Isa al-Masih a.s. adalah yang paling mustahak sekali. Misi tersebut adalah untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi dosa-dosa seluruh umat manusia (1 Timotius 2:4-6) Serta menurut kata-kata baginda sendiri dalam Injil Injil Matius 20 ayat 28 yang berbunyi :

“Seperti Anak Manusia (yakni Isa al-Masih a.s.) juga telah datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan (fidia, kiffarat) bagi banyak orang..” Injil Matius 20:28

Inilah berkat anugerah Allah untuk seluruh umat manusia – satu berita dan khabar yang sungguh baik bahawa sayidina Isa a.s. sudah membayar upah dosa bagi seluruh umat manusia menerusi nyawa-Nya yang telah dikorbankan sewaktu penderitaan serta kewafatan Baginda di atas kayu Salib. Sesiapa yang menerima berkat penyelamatan dan penebusan ini akan mendapat kepastian untuk memperolehi hidup yang kekal abadi bersama sama dengan Tuhan Allah.

Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias (al-Masih) harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada SEGALA BANGSA, mulai dari Yerusalem (Baitul-muqaddis) .Injil Lukas 24:46,47

Kitab Suci Injil amatlah jelas sekali bahawa penyelamatan dalam Isa al-Masih ini ada tersedia bagi semua orang, baik orang-orang Yahudi mahupun orang-orang bukan Yahudi. Ingatlah, semasa pelayanan peribadi Isa di dunia ini, Dia hanya memerintahkan murid-murid-Nya agar pergi kepada orang-orang Israel sahaja. Tetapi selepas bahagian kedua misi-Nya telah selesai (penebusan dosa di atas kayu salib), perhatikan apa yang Dia perintahkan kepada murid-murid-Nya ketika itu:

“…kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke hujung bumi.”Kisah Para Rasul 1:8

“Kerana itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-murid-Ku…” Injil Matius 28:19

Isa sendiri mengesahkan keuniversalan misi-Nya apabila Dia mengisytiharkan kata-kata berikut:
“…Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” Injil Yahya 8:12

Sekali lagi Isa merujuk diri-Nya sebagai berkat istimewa atau rahmat kepada seluruh manusia. Al-Quran juga mempamerkan keuniversalan misi Isa. Allah bersabda:

“…dan (Kami kehendaki) untuk menjadikan anak (Isa) itu sebagai suatu Tanda kepada manusia (ayat-al linnasi), dan sebagai suatu Rahmat dari Kami.” Q.Surah 19:21

Perhatikan, Al-Quran tidak mengatakan, “suatu Tanda hanya kepada bani Israel sahaja” seperti yang dipercayai oleh segelintir orang-orang muslim. Sebaliknya, bahasa Arab menunjukkan “suatu Tanda kepada manusia!”

Kata-kata tersebut juga sesuai dengan sabda Isa al-Masih dari Injil Yahya fasal 10 ayat 14-16

“Akulah Gembala yang Baik. Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku, sama seperti Bapa-Ku mengenal Aku dan Aku mengenal Sang Bapa. Aku menyerahkan nyawa-ku bagi domba-domba-Ku. Pada-Ku MASIH ADA DOMBA-DOMBA LAIN YANG BUKAN DARI KAWANAN INI. DOMBA-DOMBA ITU PUN HARUS KUBAWA DAN SUARA-KU AKAN MEREKA DENGAR. DOMBA-DOMBA ITU AKAN MENJADI SATU KAWANAN DENGAN SATU GEMBALA.” Injil Yahya 10: 14-16

Sangat jelaslah bahawa misi dan pelayanan Sayidina Isa al-Masih itu tidaklah hanya terbatas kepada Bani Israil sahaja, malah, sebagai Gembala Baik kepada domba-domba Allah itu, baginda mempunyai pengikut-pengikut dari ‘kawanan-kawanan’ di seluruh Dunia. Ini pula sesuai dengan sabda Baginda sendiri dan juga sejajar Amanat Agung-Nya yang memerintahkan supaya semua para hawariyun dan pengikut-pengikut baginda yang lain, untuk membawa risalah Injil :
“kepada SELURUH DUNIA, serta menjadikan SEMUA bangsa-bangsa murid-murid sayidina Isa al-Masih, sampai ke hujung Bumi.” Kitab Suci Injil, Matius 28:18-20.

Inilah juga kemakbulan janji agung Allah kepada Hamba-Nya sayidina Ibrahim a.s. seperti mana terkandung di dalam Kitab Suci Taurat, dan ini juga sesuai dengan gelar baginda sebagai ‘satu Tanda (ayah-al-linnasi) kepada seluruh Manusia’ (QS 19/21).

Amin, amin Alhamdulillah rabbil al-Amin!

[Sumber tulisan rudy: answering-islam.org:bukan_nabi_untuk_israil_saja]



Berawal dari postingan Rudy Prabowo di ataslah kemudian tautan tali kasih diskusi antara saya dan Eddy TG yang terputus cukup lama akhirnya bersemi kembali, untuk menghemat tempat, saya aliran diskusi ini dalam bentuk dialog, transkrip asli bentuk sebenarnya untuk Eka ada di sini dan untuk Eddy TG ada di sini:

From Eka wirajhana:

Dear all,
semua kutipan alkitab dari rudy, tidak mengugurkan Bukti bahwa bahwa yesus adalah tuhan yang datang hanya dan tetap untuk orang ISRAEL:

From Eddy TG:
Manusia cupet selalu yang diambil dari satu sisi dan yg dia tulis kemanapun selalu itu itu juga, walaupun sudah dijelaskan. Entah apa yg mempengaruhi otaknya yang tampaknya bebal itu,

Padahal sangat jelas Bung Rudy sudah menjelaskan bahw Yesus datang bukan hanya untuk orang Israel. Coba perhatikan uraian Bung Rudy yang orang ini pura2 tidak mau tahu alasannya dan sellu kembali ke “untuk orang Israel”, ngeyel dan bahkan dengan memutar balikkan permasalahan ………..

Kutipan Rudy:
Sebab mataku telah melihat keselamatan yang datang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, iaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan (juga) menjadi kemuliaan bagi umat-Mu Israel . Injil Lukas 2:30-32

Saya:
Ini pernyataan Simeon (lukas 2:25), sebagai pembuktian penantian kedatangan Tuhan israel dihadapan segala bangsa dan bukan menyatakan Tuhan untuk segala bangsa yang diperkuat pada ayat berikutnya:

Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan(lukas 2:34)

Eddy Tg:
[tidak ada komentar]

Kutipan Rudy:
Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bahagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Dia berfirman kepada Ibrahim: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati. Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu. Kisah Para Rasul 3:25,26

Saya:
Ini adalah untuk Ibrahim bukan untuk Isa.

Eddy tg:
Jadi disini tampak ketidak mampuan si Eka ini memahami ayat ini, begitu cetek IQnya sehingga katanya untuk Ibrahim. huahahaha….tidak mampu tapi kok ngoceh !!!!

——————————-

Kutipan rudy:
“Seperti Anak Manusia (yakni Isa al-Masih a.s.) juga telah datang
bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan memberikan nyawa- Nya menjadi tebusan (fidia, kiffarat) bagi banyak orang..” Injil Matius 20:28

Saya:
Ini adalah untuk banyak orang bukan untuk semua bangsa.

Eddy TG:
Disini si Eka bilang bukan untuk semua bangsa, tapi bagi banyak orang……. Jadi dimaknai secara apaadanya kata perkata, ini memang tingkat ilmu pengetahuannya dimaklumi hanya cuman segitu…………..

——————————

Kutipan rudy:
Kata-Nya kepada mereka: ” Ada tertulis demikian: Mesias (al-Masih)harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada SEGALA BANGSA, mulai dari Yerusalem (Baitul-muqaddis) . Injil Lukas 24:46,47

Saya:
Yang pertama:
Terjemahan lama:
dan akan dikabarkan jalan bertobat dan keampunan dosa kepada sekalian bangsa dengan nama-Nya, — mulai dari Yeruzalem.(lukas 24:47) bandingkan dengan terjemahan baru dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. (lukas 24:47)

sekalian bangsa berarti bangsa yang dimaksud untuk seluruh orang
yang ada di dalam satu bangsa tersebut. segala bangsa berarti semua-mua bangsa di dunia.

Tentunya anda berkata :”ah ini kan akal2an mengartikan bahasa model lo !!!!”

Banyak kata sekalian dan juga kata segala muncul di terjemahan lama, kalau memang berarti sama kenapa harus sepenting itu untuk diubah?

[Catatan : kata Yunani/Ibrani yang bermasalah itu adalah: pas/Pav cakupan artinya: all, all things, every, all men, whosoever, everyone, whole, all manner of, every man, every thing, any, whatsoever, whosoever, always, daily, any thing. Definisinya secara individu: each, every, any, all, the whole, everyone, all things, everything; kolektifly à Ini menyebabkan Injil bisa di ubah arti semaunya saja tergantung keperluan]

Yang kedua:
dari 4 Injil(matius, lukas, markus dan markus) mengapa pada injil yohanes tidak perintah apapun untuk ke”segala bangsa” padahal itu adalah perintah super penting kepada mereka yang ada pada saat yang sama dengan “yesus”?

Yang ketiga:
Perlu dipahami bahwa Yesus mengajarkan berkeliling karena dikejar dan dilempari batu oleh orang yahudi, sehingga umat nya terpencar-pencar pada saat ia tinggalkan untuk menyelamatkan diri, untuk lebih menjelaskan bahwa kata sekalian yang dimaksud adalah hanya kepada orang yahudi di gallilea: “Akulah Gembala yang Baik. Aku mengenal domba-domba- Ku dan domba-domba- Ku mengenal Aku, sama seperti Bapa-Ku mengenal Aku dan Aku mengenal Sang Bapa. Aku menyerahkan nyawa-ku bagi domba-domba- Ku. Pada-Ku masih ada domba-domba lain yang bukan dari kawanan ini. domba-domba itu pun harus kubawa dan suara-ku akan mereka dengar. domba-domba itu akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.” (Yoh 10: 14-16)

[Catatan: Frase “SEGALA BANGSA” adalah orang-orang yahudi dari segala bangsa -> “Waktu itu di Yerusalem diam ORANG-ORANG YAHUDI YANG SALEH DARI SEGALA BANGSA DIBAWAH KOLONG LANGIT.(KPR 2:5)”]

Eddy TG:
Disini jelas sekali disampaikan untuk segala bangsa, tapi si eka ini memelintir soal terjemahan lama dan baru, dasar sempit dan picik pengetahuannya, seharusnya dia memaknai untuk segala bangsa tapi dia putar supaya dia dikatakan pintar ke soal terjemahan. Tpi bagi orang yg mengerti soal ini, itu kerkjaan orang dungu, IQ jongkok !!!

————————–

kutipan rudy:
“…kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke hujung bumi.” Kisah Para Rasul 1:8

Saya:
Kalau tidak dipotong mulai dari kisah Para Rasul 1:6-8 maka itu adalah pertanyaan mengenai kapan pemulihan kembali kerajaan israel: Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel ?” Jawab- Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Eddy TG:
Si eka bilang, dari Israel…..padahal matanya tidak baca dari Israel sampai ke ujung bumi, pura2 buta matanya atau memang bodoh, tapi kalau dibilang bodoh dia selalu mengelak bahwa dirumahnya ada perpustakaan…..padahal yang dimaksud dirinya bukan soal buku2 yg ada diperpustakaannya…..aneh bin nyata……………….

—————————-

kutipan rudy:
“…Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” Injil Yahya 8:12

Saya :
Ini untuk orang-orang di gallilea, kalau mau mencari mundur 9 ayat tentulah anda tahu ia bicara untuk siapa : Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. (yoh 8:3)

Rakyat yang dimaksud adalah orang gallilea, ia dalam perjalanan keliling gallilea dan tidak mau lagi tinggal di yudea karena orang2 yahudi diyudea berusaha membunuhnya (yoh7:1)

Eddy TG:
Si eka bilang ini untuk orang2 galilea, huahahaaa…….pada hal sudah disebut Akulah Terang Dunia……… Dasar otak kagak nyampe…………IQ rendah susah diajak diskusi !!!

————————–

kutipan rudy:
“Akulah Gembala yang Baik. Aku mengenal domba-domba- Ku dan domba- domba- Ku mengenal Aku, sama seperti Bapa-Ku mengenal Aku dan Aku mengenal Sang Bapa. Aku menyerahkan nyawa-ku bagi domba-domba-Ku. Pada-Ku MASIH ADA DOMBA-DOMBA LAIN YANG BUKAN DARI KAWANAN INI. DOMBA-DOMBA ITU PUN HARUS KUBAWA DAN SUARA-KU AKAN MEREKA DENGAR. DOMBA-DOMBA ITU AKAN MENJADI SATU KAWANAN DENGAN SATU GEMBALA.” Injil Yahya 10: 14-16

Saya:
Kalau teliti membaca Yoh 10:17-20, maka akan ketemu domba lain yang dimaksud adalah kaum yahudi yudea, ia berkata seperti itu sewaktu berkeliling gallilea dan telah meninggalkan yudea.

Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.”

Maka timbullah pula pertentangan di antara orang-orang Yahudi karena perkataan itu. Banyak di antara mereka berkata: “Ia kerasukan setan dan gila; mengapa kamu mendengarkan Dia?” (yoh 10:17-20)

Eddy TG:
Kata si eka, itu untuk domba Yahudi Yudea, huahaha…………dan nanti Israel….dasar kagak mampu diajak diskusi.

——————————

kutipan rudy:
“kepada SELURUH DUNIA, serta menjadikan SEMUA bangsa-bangsa murid- murid sayidina Isa al-Masih, sampai ke hujung Bumi.” Kitab Suci Injil, Matius 28:18-20.

Saya:
Terjemahan lama:
Sebab itu pergilah kamu, jadikanlah sekalian bangsa itu murid-Ku, serta membaptiskan dia dengan nama Bapa, dan Anak dan Rohulkudus; (matius 28:19)

Bandingkan dengan terjemahan baru:

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, ;(matius 28:19)

Sudah dibahas di atas, bahwa buat apa diterjemahkan berbeda kalau arti sekalian, semua adalah sama. Yang dimasudkan dengan sekalian adalah domba2 yahudi/israel yang terpencar di yudea, yordan, galilea dan penjuru tempat dimana Yesus telah mengabarkan dan tidak mengabarkan

Eddy TG:
[tidak ada komentar]

———————–

Saya:
Untuk tidak menjadi pusing mengenai masalah domba, maka berikut dibawah ini akan menjelaskan sejelas-jelasnya perintah apa kepada yesus dan untuk siapa:

Yohanes 21:15-17
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba- Ku.”

Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”* Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: /”Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”* Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: /”Apakah engkau mengasihi Aku?”* Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: /”Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Eddy TG:
Si Eka bilang, domba2 itu maksudnya bangsa israel….pada tidak ada kata2 domba2 itu adl Israel….. Sulit diskusi dengan orang yg IQnya rendah, ngeyel melulu……. huahahhaa…………dasar go blok !!!

Saya:
Domba yang dimaksud adalah:
Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

Untuk apa yesus datang? Menyampaikan firman:
Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yoh 17:8)

Apakah untuk dunia? Tidak:
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu. (Yoh 17:9)

Bahkan yesus sudah sangat berpesan kepada 12 murtidnya bahwa firman hanya dan hanya untuk israel tidak kemana-mana lagi:
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel . Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. (Matius: 10:5-7)

Bagi yang telah mengikutinya ia menjawab pertanyaan petrus:
Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?” Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.(mat 19:27-28)

Siapa yang duduk di keduabelas tahta untuk hanya suku israel ?

Inilah nama kedua belas rasul itu:
Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. (Matius 10:2-4)

Yesus hanya akan menyelamatkan kamu yang terdaftar sebagai keturunan suku israel yang merupakan keturunan YAKUB/ISRAEL YAITU:

Ruben, Simeon dan Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer,Naftali, Yusuf dan Benyamin

Itulah semuanya suku Israel, dua belas jumlahnya; dan itulah yang dikatakan ayahnya kepada mereka, ketika ia memberkati mereka; tiap- tiap orang diberkatinya dengan berkat yang diuntukkan kepada mereka masing-masing. Kemudian berpesanlah Yakub kepada mereka: “Apabila aku nanti dikumpulkan kepada kaum leluhurku, kuburkanlah aku di sisi nenek moyangku dalam gua yang di ladang Efron, orang Het itu, (kejadian 1:1-49)

Tempat leluhur yang dimaksud adalah:
Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah. Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.

Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.(Wahyu 21:10-14)

Jadi kamu-kamu yang sudah jelas-jelas tidak mempunyai leluhur ISRAEL tidak berhak atas namanya untuk datang ke 12 pintu surga.

Salam
[eka wirajhana]
———————–

Eddy TG:
Dlsb, dlsb, cape melayani orang yg tidak mampu diskusi, saran untuk Bung Rudy, tinggalkan diskusi dengan orang yg tidak berimbang sebab ia akan selalu Ngeyel, Ngeyel dan Ngeyel dan selalu memutarbalikkan fakta dan tidak mau tahu uraian kita.

Tapi saya memaklumi, memang orang yg kemajuan/kemunduran spiritualnya dengan suka memberi sajen, jampi2, pakai menyan, nyembah patung, kerasukan roh2 yg tidak juntrungan dlsb omongannya suka ngacau dan mengigau, sebentar ngomong bangsa Isrel, sebentar yudea, sebentar untuk orang banyak, sebentar terjemahan baru, terjemahan lama, sebentar terjemahan versi ini dlsb dlsb, entah maksud tujuannya apa diskusi itu berhati-hatilah .!!!

Salam IQ,
Eddy TG



Jawaban saya [Lihat transkip asli di sini]:

Waduh Pak Eddy marah2 lagi,

Yah inilah hidup pak..kebenaran itu kadang kala terasa sangat pahit untuk dapat kita diterima…namun saya ucapkan terima kasih atas kesediaanya untuk masih membaca tulisan-tulisan buruk saya…saya percaya koq pak bahwa masih banyak manusia yang bisa disembuhkan..

Jangan ragu-ragu untuk belajar seluas-luasnya ya pak…semoga bermanfaat buat bapak sekeluarga…

salam

Eka Wirajhana

[Kembali]


The Truth is Inside:

PERINGATAN: SYARAT dan KONDISI yang WAJIB dipenuhi untuk Mendapatkan GARANSI Keselamatan

Garansi Keselamatan tidak sertamerta melekat ketika menerima Yesus, di baptis dan meyakini Yesus, ternyata terdapat PRASYARAT dan KONDISI yang harus dipenuhi agar Garansi Keselamatan itu berlaku.

Itu semua tercantum di 3 (TIGA) injil yaitu: Matius 19:18-21; Lukas 18:20-21; Markus 10:19-21). Kejadiannya adalah ketika Yesus berangkat ke daerah Yudea dan ke daerah seberang sungai Yordan dan ada rekaman dialog sebagai berikut:

Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” (Matius 19:16)

Jawab Yesus: “… jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.” Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?”

Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu (Matius 19:18-19; Lukas 18-20; Markus 10:19)…jangan mengurangi hak orang (Markus 10:19) dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Lukas 18-20)

Kata orang itu: “Semuanya itu telah kuturuti, (matius 19:20) sejak masa mudaku (Lukas 18:21; Markus 10:20) apa lagi yang masih kurang” (matius 19:20)”

Kata yesus “Jikalau engkau hendak sempurna (matius 19:21); Hanya satu lagi kekuranganmu (markus 10:21)… juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.” (Matius 19:21; Lukas 18:22; Markus 10:21)

Yang jadi pertanyaan utama adalah apakah para penginjil itu, sewaktu di Injili atau sewaktu belajar untuk menginjili mengetahui kata-kata Yesus yang di atas itu atau tidak-kah? karena sudah sangat GAMBLANG dan JELAS bahwa megikuti Yesus merupakan hal yang JUSTRU dilakukan paling buncit bukan pertama dan JELAS BUKAN syarat utama.

[Kembali]


Peringatan: Lucifer, Sama-el, Bel-el, Beelzebul, Allah, Dewa YAM, YHWH, Setan dan Iblis ternyata adalah Tuhan!

Ketika pemerintahan Kristen dan para MISIONARIS giat meng-kresten-kan seluruh bumi, terdapat statement menarik dari seorang kepala suku di Benua Amerika:

    Kepala suku Hatuey bersama orang-orang yang melarikan diri bersamanya dan tertangkap, ketika sedang diikat di atas kayu untuk dibakar hidup-hidup, Pastor Fransiscan mendesaknya agar mengakui Yesus sehingga jiwanya dapat pergi ke ‘Sorga’ daripada ke neraka. Hatuey menjawabnya bahwa jika sorga itu adalah tempat bagi orang-orang Kristen maka Ia lebih memilih pergi ke neraka.. (D.Stannard, American Holocaust, Oxford University Press 1992, hal.70)

Mengapa Ia sampai berkata demikian?

    “Orang-orang Spanyol menemukan kegembiraan dalam menciptakan berbagai jenis alat siksa yang ganjil..Mereka membuat sebuah tiang gantungan yang cukup panjang hingga hanya jari kaki yang menyentuh tanah untuk mencegahnya tercekik, dan menggantung sekaligus 13 pribumi untuk menghormati Kristus Juru selamat kita beserta 12 Rasulnya … kemudian, jerami dililitkan di sekeliling tubuh mereka yang robek terluka dan dibakar hidup-hidup” [Ibid, hal.72] .. “Orang-orang Spanyol memotong lengan seseorang, kaki atau pinggul orang lainnya, dan beberapa bagian kepala mereka dalam sekali tebas, seperti tukang daging yang memotong daging sapi dan kambing untuk dijual. 600 orang, termasuk kepala sukunya, dibantai demikian seperti binatang buas..Kemudian Vasco [de Balboa] memerintahkan 40 dari mereka untuk diumpankan ke sekumpulan anjing agar mati terkoyak-koyak” [Ibid, hal.83] .. Populasi pulau yang sekitar 8 juta ketika COLOMBUS DATANG di tahun 1492 susut menjadi 1/3 sebelum tahun 1496 berakhir” Akhirnya seluruh pribumi pulau itu musnah, sehingga orang-orang spanyol terpaksa mengimpor budak dari pulau-pulau Karibia lainnya, yang segera mengalami nasib serupa. Dengan demikian “jutaan pribumi Karibia habis secara efektif hampir dalam 1/4 abad”. [Ibid, Hal.72-73] .. “Dalam kurun waktu di bawah umur hidup normal seorang manusia, seluruh peradaban dari jutaan orang, yang telah menetap ribuan tahun di kampung halaman mereka, termusnahkan.” [Ibid, hal.75]

Apakah pemerintahan Nasrani ini memang punya legitimasi bertindak mewakili Y@HOVA? Ya.

    Matamu sendiri telah melihat apa yang diperbuat Y@HOVIH mengenai Baal (di) Peor, sebab Y@HOVIH EL-HA-YAM/ELOHIM (kerap diterjemahkan: TUHAN, Allahmu), telah memunahkan dari tengah-tengahmu semua orang yang mengikuti Baal-Peor [Ulangan 4.3]

    Tiap-tiap orang harus takluk kepada PEMERINTAH YANG DI ATASNYA, sebab TIDAK ADA PEMERINTAH, YANG TIDAK BERASAL dari Allah (THEOS); dan pemerintah-pemerintah yang ada, DITETAPKAN OLEH Allah. Sebab itu BARANG SIAPA MELAWAN PEMERINTAH, IA MELAWAN KETETAPAN ALLAH dan siapa yang melakukannya, AKAN MENDATANGKAN HUKUMAN ATAS DIRINYA….karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. PEMERINTAH ADALAH HAMBA ALLAH UNTUK MEMBALASKAN MURKA ALLAH ATAS MEREKA YANG BERBUAT JAHAT[Roma 13.1-4]

    Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita BUKANLAH melawan darah dan daging, TETAPI MELAWAN PEMERITAH-PEMERINTAH (Arche), MELAWAN PENGUASA-PENGUASA (Exousia), melawan Penguasa dunia (kosmoklator) yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara [Efesus 6:11-12]

Dalam Kristen, Setan dan Y@Hova adalah sama.

    IBLIS [Satan] bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel. Lalu berkatalah Daud kepada Yoab dan kepada para pemuka rakyat: “Pergilah, hitunglah orang Israel dari BERSYEBA SAMPAI DAN, dan bawalah hasilnya kepadaku, supaya aku tahu jumlah mereka” Lalu berkatalah Yoab: “Kiranya Y@HOVA menambahi rakyat-Nya 100 x lipat dari pada yang ada sekarang…”[1 Tawarikh 21:1-3]

    Bangkitlah pula murka Y@HOVA terhadap orang Israel; Ia menghasut Daud melawan mereka, firman-Nya: “Pergilah, hitunglah orang Israel dan orang Yehuda” Lalu berkatalah raja kepada Yoab dan para panglima tentara yang bersama-sama dengan dia: “Jelajahilah segenap suku Israel dari DAN SAMPAI BERSYEBA; adakanlah pendaftaran di antara rakyat, supaya aku tahu jumlah mereka.” Lalu berkatalah Yoab kepada raja: “Kiranya @YAHOVA, ELHAYAM/ELOHIM, menambahi rakyat 100x lipat dari pada yang ada sekarang..”[2 samuel 24:1, 3 ,4]

    “YAM/YOM BOW BEN ELHAYAM/ELOHIM (Yam berkumpul bersama para anak YAM) AL YATSAB Y@HOVA/YHWH (bersama Ia yang menjadi) TAVEK BOW GAM SATAN (diantara yang berkumpul juga iblis) [Ayub 1.6, 2.1].

    Note:
    Apa arti Y@HOVA/YHWH (strong’s 3064: “יהוה”/hwhy)?

    • Huruf “י”/Y = Dia + (stong’s 1961: “HAYAH (“היה”/”אֶֽהְיֶ֣ה”/HYH/HYHA = DATANG (kel 3.2-14: MALAIKAT TUHAN (Mal’ak Elohim) menampakkan diri kepadanya/Musa..Y@HOVA berfirman:…Akulah Allah (elohim) ayahmu (‘ab)..Aku mengutus (shalach) engkau..Musa berkata kepada elohim: “..bagaimana tentang nama-Nya? .. Firman ELOHIM kepada Musa: “hyha rsa hyha/AHAYAH ‘AHER AHAYAH/”datang yang datang” BUKAN “aku adalah aku”” ATAU
    • “י”/Y = Dia + (strong’s 1943: “HOVAH (“הוה”/HWH = BENCANA (Yes 47.11/Yeh 7.26))” ATAU
    • “י”/Y = Dia + (strong 5753/5754: “AVAH (“עָוָה”/HWE = tidak terlalui, puing (ratapan 3:9/Yeh 21.27)” ATAU
    • “י”/Y = Dia + strong 5773: “AVEH (“עִוְעִים”/MYEWE = kekacauan (Yes 19.14))”
    • Huruf “יְה”/Y@/hy atau “יְהֹוָ”/why/Yehu (misal: 1 taw 8.36) + 1 huruf saja: strong’s 5933: (“עַלְ”/al: “עַֽלְוָ֖ה”/”עַלְיָה”) -> “וה”/hw atau “יה”/hy tidak diketahui artinya (lihat Kej 36.40: “alwa” atau 1 Taw 1.51: “alya”)

    Jadi, arti Y@HOVA/YHWH seharusnya adalah Y+HWH (DIA BENCANA) DAN BUKAN Y+HYH (DIA DATANG).

    Kata “אלהים“/ELOHIM (Allah Jamak) atau “ים“-“ה”-“אל”/EL-HA-YAM (EL YAM/Tuhannya YAM/EL Sang YAM). Yam dilegenda Ugarit/Kanaan/Punisia/Mesopotamia adalah dewa laut/sungai (Nahar). Dalam Punisia = “ים“/ym, kata ini ada dalam “אלהים“/ELHAYAM/ELOHIM. Lilinah biti-Anat: “Variasi penulisan Dewi laut Yam, Yamm, atau Yamu..pengucapannya lebih seperti Yom”

Contoh 3 ayat di atas menunjukan hubungan jelas antara Malaikat Iblis adalah para anak Yam yang datang menghadap YAM dan “Ia bencana”/Y@hova. Iblis inilah yang merupakan Tuhan kaum Abraham.

Kapan Kemunculan ELOHIM/ELHAYAM, Y@HOVA, Malaikat dan Iblis?
Tanda keberadaan ELOHIM tertulis di AWAL PENCIPTAAN (Kej 1.1-3) bersamaan dengan bumi [dewi erets/Gaia] dan air:

    (“BARESITH/בְּרֵאשִׁ֖ית BARA/בָּרָ֣א ELHAYAM/ELOHIM/אלהים ‘ET/אֵ֥ת HA-SHAMAYIM/הַשָּׁמַ֖יִם WA’ET/וְאֵ֥ת HA-ERETS/הָאָֽרֶץ׃”)
    Pada permulaan [beresith/resith] membentuk [bara] TUHAN [ELHAYAM/Elohim] [‘et] LANGIT [shamayim] dan [wa’et] BUMI [erets]. Bumi [erets] Tohuw [belum berbentuk] dan bohuw [kosong, tak berpenghuni]; kho shek’ [gelap] TEHOM [dalam] ru’-akh [Roh] ELHAYAM/Elohim merachefet [“מְרַחֶ֖פֶת”/tpxrm = BERGETAR] paw-nim’ [DIHADAPAN/MENGHADAPI] HA-MAYIM [“הַמָּֽיִם”/air yang banyak/luas, banjir] [Kej 1.1-2]

    Tidak dijelaskan mengapa roh elohim bergetar menghadapi air namun mulai pada Kej 1:3 ada kata Vayomer [“וַיֹּאמֶר” atau “אמַר” = yomar/amar = berkata/firman] digunakan ELHAYAM/ELOHIM dan kata itu TIDAK MUNCUL di Kej 1.1-2:

    Berfirmanlah (‘amar) ELHAYAM/ELOHIM: DATANG (hyh/hayah) ‘OWR (TERANG, cahaya, FAJAR, KILAT) ‘owr hayah. ELHAYAM/elohim RA’AH (melihat/tahu) kiy (sebab, karena, bahwa, apabila) ‘owr TOWB (baik, lebih baik, menyenangkan). ELHAYAM/elohim BADAL (memisahkan, mengkhususkan, mengucilkan) ‘owr BEYN (dari/antara) CHOSEK (gelap, kesengsaraan). ELHAYAM/elohim QARA’ (sebut/menamai) ‘owr YAM/YOM (“יוֹם“(ywm)/”ים”(ym) – Dewa Yam, waktu, siang, hari) chosek LAYIL/LAYLA (malam, LILITH). datang (hayah) ‘EREB (petang) datang/jadi BOQER (pagi), YAM/YOM ‘ECHAD (YAM SATU/TUNGGAL) [Kej 1.3-5]

    Mulai pengerjaan Langit:
    Allah membentuk cakrawala (raqiya) memisahkan air (mayim) yang ada di bawah dan di atas cakrawala. Menamakan cakrawala itu langit (Shamayim), YOM SHENIY/SENIN (terjemahan umum: hari ke-2) [Kej 1.6-8]

    Mulai pengerjaan Bumi:
    Mengumpulkan air di bawah langit pada satu (echad) tempat (maqam) hingga terlihat yang kering, yang kering dinamakan bumi/daratan (erets), kumpulan air dinamakan laut/samudera (Yam). Bumi (erets) mengeluarkan tunas muda, tumbuhan berbiji, segala pohon buah berbiji, YOM SH@LIYSHIY/SELASA (hari ke-3); [Kej 1.9-13]

    Melanjutkan pengerjaan Langit:
    Menjadikan benda penerang yang besar (Matahari), yang kecil (bulan) dan bintang (kowkab) untuk menerangi bumi dan diletakan di cakrawala untuk memisahkan siang dan malam, terang dan gelap, datang (hayah) tanda (owth) masa (mo’ed) hari (Yom), tahun (shaneh). YOM R@BIY`IY/RABU (hari ke-4) [karena 1 hari = 1000 tahun, maka matahari, bulan dan bintang baru muncul 4000 tahun kemudian] [Kej 1.14-19]

    Melanjutkan pengerjaan di BUMI dan LANGIT:
    Di air (Mayim) melimpah (sharats) mahluk hidup (NEPHESH HAYAH), MAHLUK YANG BISA TERBANG (‘OWPH) beterbangan (‘UWPH) di bumi di lintasan kubah langit (‘al ‘erets ‘al paniym raqiya shamayim). ELHAYA/ELOHIM membentuk (‘bara) MONSTER (TANNIYN) besar (gadol), segala jenis (kol miyn) mahluk hidup bergerak (NEPHESH HAYAH HAROMESET) melimpah di air, dan segala jenis mahluk bersayap (‘OWPH KANAPH), YOM CHAMIYSHIY/Kamis (hari ke-5) [Kej 1.20-23]

    Melanjutkan pengerjaan Bumi:
    Bumi mengeluarkan (erets yatsa’) segala mahluk hidup, melata, ternak, liar, membuat (asah) Adam dari gambar (tselem) dan rupa (d@muwth) Elohim, laki-laki (ZAKAR), perempuan (N@QEBAH), bertambah banyak, YOM SHISHSHIY/Jum’at (hari ke-6) [kej 1.24-31]. Elohim sabath (berhenti) dari pekerjaannya, YOM SH@BI’IY [hari ke-7] [Kej 2.2]

Kejadian 1 diatas ini adalah potongan epik versi Yahudi tentang pertempuran DUA KELOMPOK DEWA beserta hasilnya:

    Kata “RESITH/BARESITH/בְּרֵאשִׁ֖ית” = mulainya satu episode tertentu contoh: Yer 26:1, “pada permulaan pemerintahan..”

    Kata “BARA/בָּרָ֣א” = membentuk, menggemukan [setelah tohuw], memotong/membangun [sejalan dengan mulainya episode baru, resith] dan bukan kondisi menciptakan. Sample beberapa kata bara’ yang artinya BUKAN mencipta:

      “..Lembu-lembu yang buruk bangunnya dan kurus badannya itu memakan ketujuh ekor lembu yang indah bangunnya dan gemuk [bariy’] itu. Lalu terjagalah Firaun. [Kej 41:4] dan “…mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan [bara’] dirimu dengan bagian yang terbaik d ari setiap korban sajian umat-Ku Israel?” [1 samuel 2:29]. Bara di sini = gemuk/menggemukan

      “Kalau engkau bangsa yang banyak jumlahnya, pergilah ke hutan dan BUKALAH [bara’] tanah…” [Josua 17:15 ] Bara di sini = memotong/membuka

    Frase “ELHAYAM/ELOHIM/אלהים ‘ET/אֵ֥ת HASHAMAYIM/הַשָּׁמַ֖יִם WA’ET/וְאֵ֥ת HAERETS/הָאָֽרֶץ” = “el ha-yam et ha-Sha-mayim wa et ha-eretz”:

    El/Ilu (אֱלֹ = Tuan);
    HA (הָ = si/sang/ini/itu/”the”);
    ELOHIM/”אלהים“/Allah Jamak atau EL-HA-YAM/”ים“-“ה”-“אל”/(EL YAM/Tuhan YAM/EL si/itu/ini/the YAM). Dalam legenda Ugarit/Kanaan/Punisia/Mesopotamia “Yam” = dewa laut/sungai (Nahar). Dalam Punisia = “ים”/ym dan kata ini ada dalam “אלהים“/ELHAYAM/ELOHIM. Kata “yowm”/”יוֹם“/ywm, diterjemahkan “hari” merujuk pada lawan dari malam/gelap dan menariknya kata “ים“/Yam juga ada pada “יוֹמַ֫יִם‎”/”dua yam”/”dua hari” juga dalam jamak “יָמִים‎”/”hari-hari”, jadi “yowm”, sewajarnya juga terkait dengan “yam”;
    ‘ET (אֵ֥ת = aleph/huruf pertama + tav/huruf terakhir, tidak pernah diartikan, banyak tafsir, mungkin menandakan urutan kejadian yang berkaitan bukan terpisah);
    WA (וְ = dan);
    SHAMAYIM (shin (שָׁ = menghabiskan, memusnahkan) + mayim/מַ֖יִם/air = Air menguap/air yang menuju ke atas; atau bisa jadi berasal dari: Shamu = Dewa langit Kanaan/Phonesia, pemimpin para dewa kota Alalakh, Syria + “-ayim” (dual, sepasang) [Lihat juga: “A STUDY ON THE DUAL FORM OF MAYIM, WATER“, Min Suc Kee]. Di mitologi Kanaan, Shamayim adalah dewa langit, sementara di teks Yunani terdapat Ouranos/Langit dan Ge/Gaia/Bumi, yang dalam mitologi Yunani adalah pasangan, sehingga bisa jadi erets juga diasosiasikan sebagai pasangan Shamayim;
    AERETZ (אֶרֶץ = erṣetu (Akkadian); rṣ/arṣ (Ugarit) = bumi, tanah)

    Jadi, “el ha-yam et ha-Sha-mayim wa et ha-eretz” = “Tuan/Dewa laut, langit dan bumi”

    kata “merachefet“/”מְרַחֶ֖פֶת”/tpxrm kerap diterjemahkan “melayang/hover”. padahal seharusnya bergetar, karena di Ulangan 32.11, “..yəraḥêp̄/”יְרַחֵ֑ף” (MENGGETARKAN) yip̄rōś/”יִפְרֹ֤שׂ” (mengembangkan) kənāp̄āw/”כְּנָפָיו֙” (sayapnya)..” DAN LEBIH JELASNYA DI Yeremia 23.9, “..‘aṣmōwṯay/”עַצְמוֹתַ֔י” (tulang-rulangku) kāl/”כָּל־” (semua) rāḥăp̄ū/”רָֽחֲפוּ֙” (BERGETAR)..”. sehingga terjemahan seharusnya adalah BERGETAR. Tidak ada detail lanjutan mengapa ruh elohim BERGETAR DIHADAPAN (pawnim) AIR di ayat selanjutnya, namun, legenda-legenda bangsa lainnya, menyampaikan tentang adanya pertikaian antar dewa saat itu.

    Pada perjanjian lama maupun baru, tertulis kecemburuan/kemarahan ELHAYAM, karena kaum Israel memuja “ELOHIM NEKAR” (Para Allah asing) yang merujuk pada BAAL dan ASYERAH/ASYTORET bukan dirinya [Misal: 1 raja 19.18; Yeremia 23.27; Hosea 2.15; Roma 11.4].

    Padahal, kata “BA’AL/BAAL/BEEL/EL” [Ugarit, Phoenisian, Ibrani, amorit, Aramaik] atau “BEL” (di Babilon) atau EN (Sumeria) merupakan kata generik untuk arti TUAN/TUHAN atau PEMILIK yang setara dengan kata Adon (Tuan)/Adonai (Tuanku) sebagai alias bagi Y@HOVA/YAHWE sehingga terkadang dijadikan nama orang, misalnya hakim GIDEON namanya menjadi YERUBAAL (Baal berjuang bersamanya) atau anak Daud bernama BEELYADA (Tuhan tahu) atau seorang pahlawan Daud yang bernama BAALYAH (Yah BAAL), sehingga kata itu hanyalah kata untuk menyebut TUHAN

      BAAL/BEEL-ZEBUB, TUHAN TERTINGGI suku Palestina [zebul=terbang/tempat tertinggi/Surga = Tuhan yang tertinggi] namun di kalangan YAHUDI, IA menjadi SETAN. Di Nasrani, BEELZEBUB sedikit berubah menjadi BEELZEBUL, yang juga dimaksudkan sebagai Setan dan di kitab “Kesaksian Sulaiman” 6.2,7: Ia menjadi pangeran para setan yang dulunya pemimpin para malaikat dan terkait dengan bintang malam/HESPERUS

    Epik di Kejadian 1, seperti epik lainnya diberbagai mitologi, merupakan pertikaian antara ELHAYAM/ELOHIM VS YAM yang jika di Alkitab PEMENANGNYA adalah ELHAYAM/ELOHIM sedangkan pada legenda bangsa lainnya, PEMENANGNYA adalah BAAL/BEL/MARDUK namun kemudian di Alkitab, seluruh TUHAN BANGSA LAIN: BAAL/ADAD/MARDUK/BEL/EL dan lainnya disebut sebagai SETAN atau BERHALA.

      BAAL atau HADAD/ADAD, di kebudayaan Ugarit, Akkadian/Asiria-Babilonia, Mesopotamia adalah TUHAN dengan senjata petir, angin dan hujan yang menyuburkan. Di legenda Ugarit, Ketika BAAL/HADAD mengalahkan Dewa YAM, maka istri BAAL/HADAD, ANAT/Asytoret menyampaikan pujian penghormatan kepada BAAL sebagai penunggang awan. Frase pujian ini muncul juga Mazmur 68.4 “Bernyanyilah bagi ELHAYAM/ELOHIM, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya Yahh; beria-rialah di hadapan-Nya!” dan tentu saja, di Alkitab, sang penerima kemenangan ini bukanlah BAAL melainkan ELHAYAM/ELOHIM [Ba`al Battles Yahm the Ocean; Ba`al Celebrates his Victory; Ba’al cycle]

    Banyak terdapat kemiripan antara legenda Babilonia, Ugarit VS Legenda Alkitab pada epik perseteruan ELHAYAM/ELOHIM/BEL/MARDUK/BAAL VS YAM, ULAR dan NAGA:

      Engkaulah yang menguasai kecongkakan YAM (laut). Pada waktu naik gelombang-gelombangnya, Engkau juga yang meredakannya. Engkaulah yang meremukkan RAHAB seperti orang terbunuh [Mazmur 89.10-11]

      Ia telah MENGISTIRAHATKAN/meneduhkan (raga’) YAM (laut) dengan kekuatanNYA dan meremukkan RAHAB dengan KEAHLIANNYA/kebijaksanaan-Nya (tabuwn). ROH/Oleh nafas-Nya (ruwach) langit menjadi cerah, tangan-Nya menikam (chalal) ULAR yang gesit [Ayub 26.12-13]

      Terjagalah, terjagalah! ..hai tangan TUHAN! Terjagalah seperti pada zaman purbakala, pada zaman keturunan yang dahulu kala! Bukankah Engkau yang meremukkan RAHAB, menikam NAGA sampai mati? Bukankah Engkau MENEMPUR/mengeringkan [Charab], YAM (laut) AIR (MAYIM) DALAM/samudera (TEHOM) LUAS/hebat (RAB)? (suwm ma’mag yam derek ‘abal ga’al: memukul dalam Yam membinasakan hidupnya sebagai balasan?/yang membuat laut yang dalam menjadi jalan, supaya orang-orang yang diselamatkan dapat menyeberang? [Yesaya 51.9-10]

      Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan di atas bumi. Engkaulah yang MEMBELAH LAUT dengan kekuatan-Mu, yang memecahkan KEPALA ULAR NAGA di atas muka air. Engkaulah yang meremukkan KEPALA LEWIATAN, yang memberikannya menjadi makanan penghuni-penghuni padang belantar [Mazmur 74.12-14]

      YAM/YOM HUW’ Y@HOVA (“YAM itulah/dialah Y@HOVA”, namun diterjemahkan “pada waktu itu TUHAN”) PAQAD (MENGHUKUM) CEREB QASHEH GADOL CHASAQ (dengan pedang keras, besar, kuat) AL LIVYATHAN (atas Lewiatan) NACHASH (ular) BARIYAH (meluncur), atas Lewiatan ular AQALLATHOWN (melingkar), HARAQ (membunuh) TANNIYN (ular naga) ‘AHER (yang/KEPUNYAAN) YAM (laut/Dewa Yam)” [Yesaya 27.1. Di Mazmur 104.26 “..Lewiatan dibuat untuk mainannya (Lewiathan yatsar sachaq)..”].

      Epik di perjanjian baru sedikit berbeda, yang berperang melawan naga berkepala 7, BUKAN ELOHIM namun para Malaikat di bawah pimpinan Mikael. Ini terjadi dalam mimpi Yohanes untuk kejadian masa depan [Wahyu 12.3, 7,9 20.2]

      Pada legenda Ugarit, Disamping pertempuran antara BAAL/HADAD VS YAM, maka Ular/naga berkepala 7 di legenda ini bernama LOTAN. Sementara di Alkitab, namanya LEWIATHAN dan hanya di perjanjian baru saja disebutkan ada naga berkepala 7.

      Dalam tablet tanah liat Assurbanipal, legenda Babilonia, tertulis:
      Dahulu, di atas dan bawah bumi tertutup lautan purba yang bersumber dari TIHAMAT (Alkitab Kej.1.1: TEHOM, Dalam tulisan Eusebius, mengutip pendeta Babilon, Berossus: THAMTE/Laut), air menjadi satu, tampaklah langit..kemudian lahir para dewa..salah satu yang utama adalah MARDUK (Berrosus: BEL).. terjadi pertikaian diantara para dewa baru, TIHAMAT tidak puas dan memberontak dari penguasa yang lebih tinggi, sukses dan memperoleh banyak pengikut. Ia juga menciptakan MONSTER-MONSTER untuk membantunya.. Kemudian Marduk menawarkan diri untuk memerangi TIHAMAT dengan syarat jika berhasil, Ia menjadi raja jagat. Rapat dewa memberikannya nama Dewa langit..Marduk berhasil membunuh Tihamat memotong tubuhnya menjadi dua, memisahkan air diatas dan dibawah, air diatas menjadi langit..membasmi para monsternya TIHAMAT salah satunya adalah naga berkepala 7..dan seterusnya yang hampir mirip dengan versi kejadian 1 [“The Babilonian and the Hebrew Genesis”, Heinrich Ziemmern, mulai hal.24]

      “..Di point lainnya pada lingkaran Anat, juga, disebutkan membunuh Yamm. “Pasti Aku akan melawan Yamm, kesayangan EL,” Ia tambahkan, “Pasti Aku ikat Tunnan dan memusnahkannya / Aku bertarung dengan ular gemerlap, / si Kepala 7 yang hebat.” Tampaknya Yam terbunuh lebih dari sekali dan bangkit lagi, Sulit melenyapkan selamanya monster kekacauan [“Religion and Its Monsters”, Timothy K. Beal, hal.20]

      “..Meski Ular, LTN, Naga, TNN disebutkan terkait Yam dalam Baal/Yam text, Kebanyakan Ahli berpendapat bahwa Naga dan Ular identik dengan Yam-Nahar…Persamaan Ular dan Naga dengan Yam dalam Ugarit Text terkait kemunculan ular di text setelahnya (CTA 5.1.1) yang menyebutkan Ltn, Lotan atau Leviathan, namun bukan Yam. Berdasarkan teks ini, disamakan Lotan dengan ular, dan diteks untuk Dewi ANAT (Istri BAAL) yang dikutip sebelumnya yang menyebutkan Yam berurutan dengan ular dan naga, banyak ahli berasumsi bahwa para mahluk ini adalah manifestasi Yam” [“Ancient Seals and the Bible”, Leonard Gorelick, ‎E. Williams-Forte, 1983, hal.33]

Jadi, Kej 1:1-2 adalah potongan kontinuitas keadaan sebelumnya menggunakan bauran variasi legenda para bangsa lain dengan kemasan mengagungkan satu dewa sebagai TUHAN dan membuat dewa lawannya menjadi SETAN atau BERHALA. Padahal ELHAYAM di alkitab sendiri, tidak diketahui kemunculannya dari mana, tahu-tahu Ia telah ada bersamaan dengan barang lainnya: daratan yang tertutup air, air dan kegelapan, setelah kekacauan reda, ini dibenahi, yaitu pertikaian 2 kelompok Dewa, dilanjutkan dengan klaim pencipta bumi langit dan segala isinya.

Kapan malaikat/Iblis muncul?
Kata “LAYLA/LAYLI/LILITH” selain muncul di Kejadian 1, juga di Yesaya 34.14 (“LIYLIYTH/LILITH”/HANTU MALAM, yang bertempat di sungai-sungai EDOM) dan Mazmur 91.5 (“PACHAD LAYLA/LAYLI” = Teror Malam) dan Lilith yang juga ada di legenda bangsa lainnya.

    LILITH, dari kata Babilon-Asyria “lilitu”, iblis perempuan/dewi angin, salah satu 3 dewa Babilonia. Juga “Lillake” di tablet Sumeria dalam Gilgamesh yang ada di tepi sungai Eufrat. Dalam etimologi popular Ibrani, ‘Lilith’ dari ‘layil’, monster malam berbulu [“Hebrew Myths: The Book of Genesis”, Robert Graves dan Raphael Patailihat. Juga lihat “The Book of Lilith, Barbara Black Koltuv, Introduction].

    “..Allah menciptakan Adam namun Ia kesepian, maka diciptakan Lilith dari tanah yang sama, Adam dan Lilith bertengkar, karena tidak mau berbaring di bawah lainnya, Lilith beralasan karena mereka terbuat dari tanah yang sama. Lilithpun meninggalkan Adam. Allah mengirim 3 malaikat untuk mengejarnya, untuk menyuruhnya kembali kepada Adam. Lilith menolak dan hendak melemahkan dan membunuh para bayi. Para Malaikat berhasil mengatasinya, akhirnya Lilith berjanji bahwa Ia tidak akan mengganggu bayi yang Ibunya menggantung amulet nama 3 malaikat itu, Mereka kemudian melepaskannya dan Allah menciptakan Hawa sebagai ganti Lilith. Sejak itu, Lilith berkelana di dunia dengan lolongan kebenciannya di malam hari. Ia yang disebut sebagai ‘Yang melolong'” [Alpabet Bin Sirah, bab 5; Straight Dope]

    Rabbi Hiya: ‘Dan tuhan menciptakankan monster besar (ikan, Paus), artinya Leviathan dan istri.’ ‘Dan setiap mahluk hidup yang bergerak’ di seluruh bagian Bumi. “nephesh Hayah” (mahluk hidup, kej 1.21) adalah lilith…Rabbi Simeon:..Kitab suci mengatakan Tuhan mengambil salah satu rusuknya dan menutup tempat itu dengan daging (Kej 2.21), di setiap buku kuno dinyatakan bahwa yang diambil bukan rusuknya tapi Lilith yang hidup bersama Adam dan memberikannya keturunan. Karena Lilith bukan penolong yang sepadan Adam, maka diciptakanlah Hawa (Kej 2.20)” [“Zohar: Bereshith to Lekh Lekha”, Nurho de Manhar, Ch.16]

    Lilith kemudian menjadi istri Samael, Malaikat kematian, yang juga sebagai Ular dan disebut Setan [“Zohar”, Vol.1 hal.209, catatan kaki no.823]

    Bahkan Lilith pernah menjadi pengantin Allah: “…Saat kehancuran kuil, Tuhan mengusir pengantinnya, Shekhinah dan mengangkat satu pelayan wanita yang menggantikannya sementara menjadi pengantinNya, yaitu Lilith..” [“SAMPLE MYTHS FROM TREE OF SOULS: THE MYTHOLOGY OF JUDAISM, Howard Schwartz, Oxford University Press, 2004]

Keberadaan Lilith dan petunjuk di kitab Ayub dan Mazmur, menuntun kita untuk memastikan kapan para malaikat tercipta:

    “Di manakah engkau, ketika Aku MENDIRIKAN/MULAI DENGAN (Yacad) bumi (‘erets)?…BINTANG-BINTANG FAJAR (Kowkab boqer) bersorak-sorak bersama-sama SEMUA ANAK ALLAH (Kol Bin EL HA YAM) bersorak-sorai?” [Ayub 38.4-7]

    Memasang (Qarah) loteng (‘aliyah) di air, menempatkan/menjadikan (Suwn) awan/kegelapan (‘Ab) kendaraan (R@kuwb), bergerak (halak) di atas sayap ROH/angin (al ‘kanaph ruwah), menggunakan (‘asah) ROH/angin (ruwah) malaikat (mal’ak) api menyala pelayan (sharath) [Mazmur 104.3-4]

Bintang-bintang baru ada di hari ke-4, sementara pengerjaan awal bumi terjadi di hari ke-2 setelah dipisahkan air di atas dan di bawah cakrawala, namun sebelum itu, LILITH telah ada di hari ke-1, maka para malaikat tertentu sebagiannya telah ada di hari ke-1, dan lainnya, ada disetelahnya.

    Pada hari ke-1, Ia menciptakan..dan para malaikat yang melayaninya [Jubilee, 2.2] (Abad ke-2 SM).

    Opini para Rabbi:
    Kapan para malaikat diciptakan? R. Johanan: Mereka diciptakan di hari ke-2, merujuk kaitannya dengan air di Mazmur 104.3-4]. R. Hanina: Mereka diciptakan di hari ke-5, merujuk Kej 1.20 dan Yesaya 6.2. R. Luliani b. Tabri atas nama R. Isaac’s name: Apakah menerima opini R. Hanina ataukah R. Johanan, semua sepakat tidak tercipta di hari ke-1 [Midrash Rabbah, edisi ke-1, 1939, hal.5 dan hal.24]

    Setelah pemisahan air diatas dan air di bawah, maka dari air yang di bawah, Allah menciptakan 2 setan pria dan wanita yang disebut Nachash (serpent) dan Apheth (viper) [Zohar: Bereshith to Lekh Lekha, Ch.2]

Alkitab menyatakan Ular adalah binatang yang membujuk Hovah/Hawa makan buah pohon pengetahuan. Di perjanjian baru, Naga/ular tua adalah Iblis/Setan [Wahyu 12.9]; Malaikat-malaikat yang tidak taat dan berdosa [Yudas 1.6, 2 Petrus 2.4] yang di akhir jaman dikurung di jurang dan dimateraikan [Wahyu 16.14,16; 20.3,8]

    SAMAEL, dalam kebudayaan Yahudi bertempat di surga tingkat ke -7 [Yalkut I, 110], malekat penjaga Essau [Sotah’ 10b]. St Gregory [540 M – 604 M]: Sama-el/Simi-el adalah malekat yang ke 5 dan penjaga ESAU [Yalkut I, 110].

    Dalam Aggadah Ch.4, “The Legend of The Jews”: Samael berada di surga tingkat ke-7, Salah satu pemimpin para setan [DEVARIM DEUTORONOMY 11].

    Talmud: b. Shab. 146a: Ular menyetubuhi HAWA, memasukan kotoran padanya. Dalam Kabbala: Zohar 1.37a: Rabbi Hiyya: Anak-anak Allah keturunan KAIN karena SAMAEL menyetubuhi HAWA, hamil dan lahirlah KAIN. Dalam Midrash: Pirqe R. Eliezer. Ch. 13: Samael adalah pangeran terbesar di surga. Samael memiliki 12 sayap. Ia dan pasukannya turun. Samael menaiki Ular. Ular berkata kepada wanita itu: “Benarkah kamu diperintahkan untuk tidak memakan buah pohon ini?. [Samael and Serpent].

    (samael) mengendarai ular menyetubuhi Hawa dan hamil [“Zohar: Bereshith to Lekh Lekha”, A SYMPOSIUM OF RABBI SIMEON’S STUDENTS”, CH 21]. Rabbi Jehuda:…Samael, ketika turun ke bumi menaiki ular. ketika muncul dalam bentuk ular, Ia disebut Setan. [Ibid, Ch.16]

Selain SAMAEL, para penghulu iblis lainnya yang disebut sebagai “Para allah asing” (ELOHIM NEKAR) adalah LUCIFER

    Lucifer, di literatur Romawi/Latin, adalah dewa kelas rendah, Dewa Bintang Timur, anak dari Aorora/Eos [cucu dewi Theia] yang menikah dengan manusia. Di alkitab terdapat syair-syair mengolok-olok kematian Raja babel, yang dianggap penindas, kejam dan ingin dianggap lebih tinggi dari allah: “Jatuh (naphal) dari langit (Shamayim), ‘Helel (BINTANG TIMUR) ben Shahar (anak DEWA FAJAR, dewa kaum Ugarit/Kanaan)’, tumbang/jatuh (gada) ke bumi (erets)” [Yesaya 14:12] dan ketika 70 murid Yesus melaporkan berhasil mengusir roh. Yesus berkata: “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit”. [Lukas 10:17-18]

    ‘HELEL’, ‘Bintang Timur’ yang jatuh dari langit disebut IBLIS. St Jerome [347 M – 420 M] menterjemahkan ‘Helel [Ibrani: pembawa cahaya/terang]’ sebagai ‘Lucifer [Latin: lux/luccius = cahaya/terang, ferre = pembawa]’ dan ‘putera Shahar’ sebagai ‘putera sang fajar’.

Namun ternyata, Yesus juga mengakui dirinya sebagai Bintang Timur

    “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir… Aku, Yesus (Iesous), telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, BINTANG TIMUR YANG GILANG GEMILANG” [Wahyu 22.13-16]

    Note:
    Kata Yunani “Zeus” [Dewa Yunani kelas rendahan penguasa matahari dan sederajat dengan eos] diucapkan “Sous”. Sedangkan “Iesous” adalah turunan Zeus [iosa = turunan Zeus, dewi kesembuhan]

    Ie-Sous –> Je-zeus –> Je-sus!

    Mungkin itu juga sebabnya, kresten juga dianggap menyembah berhala matahari.

Karena Lucifer = BINTANG TIMUR, maka Yesus = Lucifer, Setan juga.

Selain Lucifer, para penghulu iblis lainnya yang disebut sebagai “Para allah asing” (ELOHIM NEKAR) adalah BELIAL

    BELIAL/Beliel, awalnya dari 27 x kata ini muncul dalam Alkitab Ibrani adalah sebagai frase BUKAN lawan dari tuhan, yaitu BELI/tanpa+YAAL/nilai = TIDAK BERHARGA (merujuk pada anak durhaka, orang fasik, para penyembah berhala dan mereka yang tidak bersunat). Namun kemudian, KITAB BELAKANGAN, mengubahnya dari sebuah frase menjadi LAWANNYA TUHAN, misalnya: “Naskah laut mati” 1QM, Kol. XIII, 10-12: sebagai malaikat kegelapan. Kitab “Kesaksian 12 anak Yakub” dalam Simeon 5.3: sebagai berhala. Dalam kitab nasrani “Kenaikan Yesaya” 2.4: sebagai malaikat yang durhaka. Dalam kitab “Kebangkitan Yesus Kristus (oleh Bartholomew)”: sebagai 1 diantara 666 malaikat yang jatuh. Terakhir, di perjanjian baru, Paulus membandingkan Yesus vs Belial, terkait bait Allah vs berhala dan menyatakan bahwa Yesus akan bersama-sama mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, menjadi Allah mereka, dan mereka menjadi umatNya [2 korintus 6.15-16]

Masalahnya kemudian adalah dimana Yesus saat kematian ke-2?:

    Tetapi ORANG-ORANG PENAKUT, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang ke-2.” [Wahyu 21.8]

    Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. Ia SANGAT KETAKUTAN (Di matius 26.37, “..Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar) dan makin bersungguh-sungguh berdoa. PELUHNYA MENJADI SEPERTI TITIK-TITIK DARAH YANG BERTETESAN KE TANAH [Lukas 22.41-44]

    Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? [markus 15.34, Matius 27.46]

Jadi, seperti kata Yohanes di kitab Wahyu, Yesus yang penakut dan tidak percaya Allahnya ini, tempatnya di Neraka. Namun, ini malah baik, karena lebih mengerikan lagi berada di surga baru, Yerusalem baru:

    Terdapat langit (Ouranos) baru dan bumi baru sebab langit (Ouranos) yang pertama dan bumi (Gaia/Ge) yang pertama telah lenyap dan lautpun tidak ada lagi. Yerusalem baru, kota yang kudus turun dari sorga (Ouranos) [Wahyu 21:1-2. Ini kembangan lanjutan ucapan Yesaya tentang ‘Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru‘ (Yes 65.17, juga Yes 66.22) yang juga bernama Yerusalem (Yes 65.18) karena Yerusalem jaman Yesaya sedang porakporanda dijajah bangsa asing]. Malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah (Kurios Theos) akan menerangi mereka [Wahyu 22.5]. Yerusalem Baru, dalam mimpi Yohanes berbentuk kubus: 12.000 stadia3 [Wahyu 21.16-17 = 1200 mil3 = 1931,2 km3 = 7.2 x 1012 Km3]

Oleh karenanya, Yerusalem baru mimpi Yohanes ini belumlah ada dan bukan bumi kita [Di kitab Daniel: Penglihatan berasal dari mimipi, misal: Dan 2.1/Mimpi Nebukadnezar, Dan 7.1/Mimpi Daniel dan tampaknya demikian juga pada Yesaya]. Seberapa terang Surga tanpa Matahari dan Bulan tersebut?

    Terang bulan purnama akan seperti terang matahari terik dan terang matahari terik akan 7x ganda, yaitu seperti terangnya 7 hari [Yesaya 30.26]

Ini artinya, terangnya 49 lipat radiasi matahari yang diterima bumi saat ini + terangnya bulan seperti teriknya matahari saat ini, jadi total 50 x radiasi matahari yang diterima bumi saat ini.

    Dengan metoda kekuatan radiasi Stefan-Boltzmann, yaitu hubungan antara suhu benda dengan radiasi yang diterima: [H/E]4 = 50, E = suhu absolut Bumi = 300°K (273 + 27) atau 0°C + range maksimum suhu permukaan bumi dengan 4 musim di katulistiwa (18°C – 27°C), maka suhu absolut Surga = 798°K atau 977°F atau 525°C. Karena surga ini berbentuk kubus tertutup, ini akan mengisolir radiasi panas bocor dan makin memanaskan.

Suhu ini jauh lebih panas dari bumi saat ini!

Bagaimana dengan suhu neraka dan lokasinya?
Kitab wahyu mengatakan, “..di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang..” dan lokasi neraka tersebut ada di permukaan bumi yang merujuk pada peristiwa setelah kebangkitan pertama, yaitu iblis dilepaskan dari penjaranya, menyesatkan 4 penjuru beserta para tentaranya (para orang mati di alam kubur dalam bumi) yang naik ke seluruh permukaan bumi, kemudian dari langit turunlah api menghanguskan mereka, dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya [Wahyu 20.5-10. Ini kembangan lanjutan dari mimpi Daniel, di Dan 12.2, ‘Banyak orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal‘ dan juga, kembangan lanjutan mimpi/penglihatan Yesaya di Yes 34.8-10, ‘Hari pembalasan..Sungai-sungai Edom akan berubah menjadi tér, dan tanahnya menjadi belerang; negerinya akan menjadi tér yang menyala-nyala. Siang dan malam negeri itu tidak akan padam-padam, asapnya naik untuk selama-lamanya‘].

Sehingga, neraka dalam kitab Wahyu adalah seluas daratan di bumi = 148.94 x 106 KM2 (29.2% Bumi) dan berada dalam tekanan atmospir ruang terbuka. Suhu neraka adalah sepanas suhu elemen sulfur yang mendidih cair di 832 ºF atau 444.6°C

Ini berarti, suhu Surga 80°C atau 145ºF LEBIH PANAS dari suhu Neraka. Dengan selisih suhu yang sebesar ini, bisa jadi, para penghuni SURGA Yerusalem baru malah akan banyak yang memilih “ngadem” bareng para pendosa di danau hukuman, di neraka.

Kepala Suku Hatuey, jelas tidak tahu akan hal ini, namun baginya, mati adalah jauh lebih baik daripada menerima Yesus sebagai juru selamat karena bahkan Yesus sendiri tidak dapat menyelamatkan diri dari tiang gantung dan bahkan Tuhan Allah dan Setan-pun ternyata sama saja. Lihat juga:


[Kembali]


PENTING: Ini tentang Kapling TANAH bukan kapling SURGA yang juga untuk BUKAN HANYA suku israel ASLI

Mungkin anda akan bertemu dengan penginjil-penginjil yang mengatakan bahwa Yehezkiel 47:22 adalah GARANSI KESELAMATAN bagi NON ISRAEL

Namun sekali lagi mereka keliru!

Ini adalah cerita mengenai pembagian Kapling Tanah! Atau LAHAN dan bagaimana Hidup bersama membaginya dengan bangsa Asing yang ada di tengah tengah suku israel

Pusaka yang dimaksud di ayat dan pasal itu adalah PUSAKA yang sama yang disebut di kitab-kitab Yosua, Bilangan, Ulangan, Imanat, Mazmur dan di kitab-kitab di perjanjian lama maupun di Kitab Perjanjian baru. Semuanya mempunyai arti yang sama yaitu ‘Tanah atau ladang untuk hidup serta batas-batasnya!’

Bagaimana caranya pusaka-pusaka itu didapatkan?

Cara memperolehnya adalah sebagaimana disebutkan di Kitab Bilangan 20:11-17:

Apabila engkau mendekati suatu kota untuk berperang melawannya, maka haruslah engkau menawarkan perdamaian kepadanya. Apabila kota itu menerima tawaran perdamaian itu dan dibukanya pintu gerbang bagimu, maka haruslah semua orang yang terdapat di situ melakukan pekerjaan rodi bagimu dan menjadi hamba kepadamu. Tetapi apabila kota itu tidak mau berdamai dengan engkau, melainkan mengadakan pertempuran melawan engkau, maka haruslah engkau mengepungnya; dan setelah TUHAN, Allahmu, menyerahkannya ke dalam tanganmu, maka haruslah engkau membunuh seluruh penduduknya yang laki-laki dengan mata pedang. Hanya perempuan, anak-anak, hewan dan segala yang ada di kota itu, yakni seluruh jarahan itu, boleh kaurampas bagimu sendiri, dan jarahan yang dari musuhmu ini, yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, boleh kaupergunakan. Demikianlah harus kaulakukan terhadap segala kota yang sangat jauh letaknya dari tempatmu, yang tidak termasuk kota-kota bangsa-bangsa di sini. Tetapi dari kota-kota bangsa-bangsa itu yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu, janganlah kaubiarkan hidup apapun yang bernafas, melainkan kautumpas sama sekali, yakni orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu..

Dejavu?!

Ya Muhammad pun melakukan dengan detail yang kurang lebih sama!

Sebelumnya melihat Yehezkiel 47:22, mari kita lihat Yehezkiel 37: 21-22 dan 24:

katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka. Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan.

Maka hamba-Ku Daud akan menjadi rajanya, dan mereka semuanya akan mempunyai satu gembala. Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturan-Ku dan melakukan ketetapan-ketetapan-Ku dengan setia.

Kemudian berperanglah mereka atas FIRMAN ALLAH, menjarah kota dan seterusnya seperti contoh di kitab Bilangan di atas yang kemudian melahirkan tanah-tanah pusaka di Yehezkiel 47:13-41:

Beginilah firman Tuhan ALLAH: “Inilah batas-batas tanah yang kamu harus bagi-bagi menjadi milik pusakamu di antara kedua belas suku Israel. Yusuf mendapat dua bagian. Tanah itu harus kamu bagi rata, yaitu tanah yang dengan sumpah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu dan dengan demikian tanah ini menjadi milik pusakamu. Inilah perbatasan tanah itu:

di sebelah utara:
dari laut besar terus ke Hetlon sampai jalan masuk ke Hamat dan terus ke Zedad, Berota, Sibraim, yang terletak di antara daerah kota Damsyik dan daerah kota Hamat, terus ke Hazar-Enon yang di daerah kota Hauran. Demikianlah perbatasannya itu mulai dari laut sampai di Hazar-Enon, sehingga daerah kota Damsyik dan juga daerah kota Hamat terletak di sebelah utaranya. Itulah sebelah utara.

Di sebelah timur:
mulai dari Hazar-Enon yang terletak di antara Hauran dan Damsyik, sungai Yordan menjadi perbatasan di antara Gilead dan tanah Israel, terus ke Laut Timur sampai ke Tamar. Itulah sebelah timur.

Di sebelah selatan:
perbatasan mulai dari Tamar sampai mata air Meriba dekat Kadesh, terus ke sungai Mesir, terus ke laut besar. Itulah di sebelah selatan perbatasan dengan Tanah Negeb.

Di sebelah barat laut besar merupakan perbatasan sampai tempat jalan masuk ke Hamat. Itulah sebelah barat.”

“Tanah inilah kamu harus bagi-bagi di antara kamu menurut suku-suku Israel.

47:22 Dan kamu harus membagi-baginya menjadi milik pusaka di antara kamu dan di antara orang-orang asing yang tinggal di antara kamu, yang melahirkan anak di tengah-tengahmu dan mereka harus kamu anggap sama seperti orang Israel asli; bersama-sama kamu mereka harus mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel.

47:23 Jadi kalau di tengah-tengah sesuatu suku ada tinggal orang asing, di situlah kamu berikan milik pusakanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Lihat Yehezkiel 47:23!

Sangat jelas, bukan?! TIDAK ada MEMBICARAKAN pembagian kapling SURGA!

[Kembali]


Advertisements

6 thoughts on “Keselamatan selalu ada di luar Gereja! (1)”

  1. * Markus 16:17-18
    16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
    KJV, And these signs shall follow them that believe; In my name shall they cast out devils; they shall speak with new tongues; 
    TR, σημεια δε τοις πιστευσασιν ταυτα παρακολουθησει εν τω ονοματι μου δαιμονια εκβαλουσιν γλωσσαις λαλησουσιν καιναις
    Translit Interlinear, sêmeia {tanda-tanda} de {lalu} tois {(orang-orang) yang } pisteusasin {percaya, verb – aorist active participle – dative plural masculine } tauta {ini} parakolouthêsei {akan menyertai} en {didalam} tô onomati {nama} mou {-Ku} daimonia {roh-roh jahat} ekbalousin {mereka akan mengusir} glôssais {dengan lidah-lidah (bahasa-bahasa)} lalêsousin {mereka akan berbicara} kainais {baru} 

    16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” 
    KJV, They shall take up serpents; and if they drink any deadly thing, it shall not hurt them; they shall lay hands on the sick, and they shall recover. 
    TR, οφεις αρουσιν καν θανασιμον τι πιωσιν ου μη αυτους βλαψει επι αρρωστους χειρας επιθησουσιν και καλως εξουσιν 
    Translit, opheis {ular-ular} arousin {mereka akan memegang} kan {dan jika} thanasimon {yang mematikan} ti {sesuatu} piôsin {yang mereka minum} ou mê {pasti tidak} autous {mereka} blapsei {(itu) akan melukai} epi {atas} arrôstous {orang-orang sakit} cheiras {tangan-tangan (mereka)} epithêsousin {mereka akan meletakkan} kai {maka} kalôs {sehat} exousin {mereka akan menjadi} 

    Dalam membaca ayat diatas mari kita kaji dengan memberikan pertanyaan sbb :

    – Apakah [u]semua[/u] orang Kristen akan mengusir setan demi nama Yesus? 
    – Apakah [u]semua[/u] orang Kristen akan berbicara dalam bahasa lidah?
    – Apakah [u]semua[/u] orang Kristen akan memegang ular? 
    –  Apakah [u]semua[/u] orang Kristen akan minum racun maut (tetapi tidak apa-apa)?, 

    dan seterusnya, dan seterusnya.

    Apakah Yesus Kristus berkata demikian untuk semua orang Kristen tanpa terkecuali?

    Adakah ayat-ayat diatas menulis kata “semua”?

    Terhadap pertanyaan diatas, terkadang sebagian orang Kristen memberi jawaban yang Alkitabiah dan tidak dapat dipersalahkan bahwa memegang ular atau minum racun tidak boleh merupakan upacara agama dan dijadikan ujian untuk membuktikan kerohanian seseorang. Karena itu dalam kategori “mencobai Tuhan”. 

    Namun ayat diatas adalah janji yang diberikan kepada orang percaya yang [b][u]”menghadapi bahaya semacam itu “[/b][/u] ketika melayani Kristus. 

    Adalah dosa untuk mencobai Allah dengan sengaja mendatangkan mara-bahaya atas diri sendiri. Bukankah Yesus Kristus sendiri tidak mau menjatuhkan diri-Nya dari bubungan Bait Allah, meskipun Dia tahu bahwa hal itu tidak akan berakibat apa-apa bagi-Nya?

    * Matius 4:5-7
    4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
    4:6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”
    4:7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

                          Sambung……………..

  2. Orang-orang percaya, Yunani: τοις πιστευσασιν – tois pisteusasin, menggunakan bentuk aktif partisip dari verba πιστευω – pisteuô, bermakna bukan hanya sekedar percaya tetapi ada tindakan partisipasi nyata atas iman yang ada.

    Ilustrasi: 
    Seseorang dapat saja sangat percaya bahwa seorang akrobat mampu melintasi sebuah jurang dalam dengan meniti seutas tali, tapi apakah ia bersedia jika akrobator tadi meminta seseorang itu untuk menggendongnya dan bersama-sama melintasi jurang itu? 
    Belum tentu demikian, bukan? Orang itu kemungkinan besar akan menjawab kepada Sang Akrobator tadi “Tunggu dulu, nyawa saya engga ada serepnya!” alias menolak tawaran tsb.

    Nah Iman yang dimaksud dalam Markus 16:17 ini adalah iman yang aktif, terbukti dengan pekerjaan/perilaku yang nyata.

    Tanda-tanda (Yunani: σημεια – sêmeia, bentuk jamak dari σημειον – sêmeion) membedakan orang Kristen dengan orang lain, namun tidak dimaksudkan untuk semua orang Kristen melainkan “orang tertentu”, karena masing-masing orang percaya diberikan karunia tertentu sesuai dengan kehendak Roh Kudus terhadap mereka masing-masing. 

    Jika seorang Kristen memiliki seluruh tanda itu, wah… alangkah hebatnya dia!

    * 1 Korintus 12:7-11
    12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
    12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
    12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
    12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
    12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. 

    Setiap tanda ini (kecuali minum racun) terdapat dalam catatan sejarah gereja mula-mula:

    1. berbicara dengan bahasa yang baru (Kisah Para Rasul 2:4; 10:46; 19:6; 1 Korintus 12:30; 14:1-40); 
    2. mengusir setan (Kisah Para Rasul 5:15-16; 16:18; 19:11-12); 
    3. lolos dari maut meskipun digigit ular berbisa (Kisah Para Rasul 28:3-5); dan 
    4. menyembuhkan orang sakit (Kisah Para Rasul 3:1-7; 8:7; 9:33-34; 14:8-10; 28:7-8 ).

                        

    Berbagai manifestasi rohani ini dimaksudkan untuk tetap berlangsung dalam gereja Kristus hingga kedatangan-Nya kembali. Alkitab tidak pernah menyatakan bahwa tanda-tanda ini hanya terbatas pada masa sesudah kenaikan Yesus ke surga (1 Korintus 1:7; 12:28; Galatia 3:5) Tetapi firman ini berlaku terus.

    Seandainya bahwa “tanda-tanda” ini jarang terjadi di kalangan gereja di masa kini. Ini tidak berarti bahwa Yesus Kristus tidak menepati janji-Nya, atau Firman itu tidak berlaku. Menurut Yesus sendiri, kegagalan akan terjadinya mujizat itu bersumber di hati para pengikut-Nya (Matius 13:58).

    Jadi, kedua penginjil telah melakukan hal yg benar utk pergi.

    Kesaksian Mohammed dari Nigeria yang dipaksakan minum racun http://morethandreams.org/mohammed.html

  3. Pak Wirajhana Eka, untuk memahami alkitab saya selalu diajarkan untuk mengingat : “Sebuah TEKS alkitab TANPA suatu KONTEKS menjadi sebuah PRETEKS( teks yg salah) untuk suatu PROFTEKS( teks yg benar).

    Saya ambil satu contoh text alkitab yg Anda pertanyaan kepada  sdra. Eddy TG  bahwa keselamatan itu bukan utk dunia tapi hanya buat org Israel saja: 

    “Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan Kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu” – Injil Yohanes 17:9

    Jika Anda baca seluruh KONTEKS dalam Yohanes pasal 17 :1-26 maka Anda akan dapat jawaban bahwa kata “mereka” menunjukan bahwa Yesus berdoa untuk keselamatan murid-muridNya kecuali yg satu yang akan binasa(12). Dan doa Yesus dilakukan sebelum Yesus ditangkap. Dan apabila kita hanya mencomot beberapa ayat diluar KONTEKS maka akan terjadi PRETEKS. Coba Anda baca ayat 20 : ” Dan bukan untuk mereka ini saja Aku(Yesus) berdoa, TETAPI juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.” jadi PROFTEKS adalah Keselamatan bagi semua orang yg percaya dari bangsa apapun. Dan PROFTEKS dari doa Yesus terdapat di Yohanes 18:9 : Demikian hendaknya silage genaplah firman yg telah dikatakan -Nya : “Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa.”

    Pak Wirajhana, Yohanes 3:16 memang hanya terdapat dalam Injil Yohanes, dan itu tidak membuktikan bahwa apa yg ditulis oleh Yohanes adalah tidak benar, justru saya meragukan kalo keempat injil tersebut berisi cerita yg sama persis! Dan masing-masing Injil dituliskan dengan gaya bahasa dan audien yang berbeda. Namun keempat injil itu memberitakan hal yg sama yaitu Yesus Sang Mesias yang dijanjikan oleh Allah.

    Salam metta;

  4. Markus:
    16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
    16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
    16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

    DEFINISI percaya anda katakan:
    Orang-orang percaya, Yunani: τοις πιστευσασιν – tois pisteusasin, menggunakan bentuk aktif partisip dari verba πιστευω – pisteuô, bermakna bukan hanya sekedar percaya tetapi ada tindakan partisipasi nyata atas iman yang ada..Tanda-tanda (Yunani: σημεια – sêmeia, bentuk jamak dari σημειον – sêmeion) membedakan orang Kristen dengan orang lain, namun tidak dimaksudkan untuk semua orang Kristen melainkan “orang tertentu”, karena masing-masing orang percaya diberikan karunia tertentu sesuai dengan kehendak Roh Kudus terhadap mereka masing-masing.

    Jika seorang Kristen memiliki seluruh tanda itu, wah… alangkah hebatnya dia!

    Setiap tanda ini (kecuali minum racun) terdapat dalam catatan sejarah gereja VS olos dari maut meskipun digigit ular berbisa (Kisah Para Rasul 28:3-5)

    GW:
    heheheh…ULAR JUGA BERACUN..jadi siapa bilang gak ada, sih?

    Pernah baca teguran Yesus pada muridnya karena mereka “kurang percaya” dan gak punya IMAN SEBESAR BIJI SESAWI, kalo aja punya maka:

    1. dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu. [lukas 17:6]
    2. dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan TAKKAN ADA YANG MUSTAHIL BAGIMU. [Mat 17:20] atau

    hehehehe..gak usah ngomong ato mindahin gunung deh..suruh minum racun dan kabur..berarti dia berpikir dirinya MUSATAHIL SELAMAT

    Lah..dirinya aja TIDAK PERCAYA dan TIDAK MEMPUNYAI IMAN bahkan SEBESAR BIJI SESAWI..atas yg diwartakan..Ya, konyol aja mengabarkan orang lain agar percaya yg bahkan si pengabarnya aja tidak MEMPERCAYAI dan tidak mempunyai iman terhadapnya 🙂

    btw, jika anda percaya dan mempunyai iman sebesar biji sawi yg diperlukan bukan LINK [sry malas sy bukan iklan2 gak mutu]. tapi PERCAYAI TUHAN ANDA dengan iman yg cukup sebesar biji sawi..minumlah racun..niscaya tidak ada yg mustahil bagi anda 🙂

  5. AN,
    apakah Anda tidak mempunyai 1 PUN keraguan atas apa yg tertulis di ALKITAB? Jika tidak ada, maka seharusnya selesai buat anda. So, apalagi yg hendak anda buktikan? namun jika masih ragu..Ya belajarlah menggunakan pikiran anda..pikiran itu bekerja seperti parasut..makin terbuka makin baik.

    semoga anda menemukan yg dicari..salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s